MENGAJAR ANAK TK MENGAJI

 Mengajar Anak TK Mengaji

Hasil gambar untuk cara mengajari anak tk mengaji

1. Menyiapkan Ruhiyah Kita

Maksud dari ruhiyah di sini ialah kedekatan seorang guru kepada Rabbnya, sehingga akan tumbuh keikhlasan, spirit, semangat dan energi para guru dalam mengajar. Kesiapan ruhiyah sebelum mengajar merupakan faktor keberhasilan dalam mendidik.

Karena tanpa ruhiyah jasad kita akan lemah, keikhlasan berkurang dan semangat pun akan berkurang. Lakukanlah amal sholeh sebelum memulai mengajar, misalnya berzikir menghafal Al Quran melakukan salat sunnah dan lain sebagainya.

2. Mencari Waktu Yang Prima Untuk Mengajarkan Anak Mengaji

Cara yang kedua adalah memilih waktu yang bagus untuk mengajari anak mengaji. Artinya kalian jangan memilih waktu dimana saat anak keadaan lelah. Lalu kapan waktu yang baik untuk mengajarkan anak baca Iqra' atau Quran?

Kalau dari kami ada sedikit tips memilih waktu yang nyaman untuk membaca Al Quran: Antara Maghrib dan Isya (untuk di rumah). Jika di sekolah, maka mengikuti aturan lembaga.

3. Menyambut Kedatangan Anak

Poin ini di khususkan untuk para guru yang mengajarkan anak di sebuah sekolah lembaga Islam. Sebaiknya anak disambut dengan wajah ceria supaya si anak merasa nyaman terhadap gurunya. Tanyakan kabar-kabar selama di rumah, berikan sentuhan dan belai kepalanya. Atau bisa juga menanyakan menu makanan paginya.

4. Membentuk Halaqah dan Menerapkan Adab Adab Anak

Ini adalah langkah paling penting dalam mengajarkan anak mengaji. Murid-murid diharuskan memperhatikan adab-adab bermajelis agar bisa fokus dan ilmunya lebih mudah masuk serta berkah.

5. Berkisah Sebelum Mengajar Anak Mengaji

Anak akan kaget dan mentalnya belum siap apabila setelah masuk kelas atau setelah duduk di rumah, kalian langsung menyuruh anak setoran bacaan Iqro. Jadi Buatlah si anak rileks dan merasa nyaman kepada gurunya supaya tertanam pada mereka kalau belajar itu tidak membosankan.

6. Memberi Pengertian ke Anak, Alasan Mengapa Harus Mengaji

Agar hati anak lebih lapang, para orang tua dapat memberi pengertian mengapa si kecil harus belajar mengaji. Kira-kira Ayah Bunda harus menjelaskan bahwa kita di dunia bukan diciptakan untuk bermain saja. Namun bermain ada waktunya, tidur ada waktunya, makan ada waktunya dan belajar juga ada waktunya. Ceritakan juga perjalanan ulama dalam menuntut ilmu.

7. Membuat Jadwal

Jadwal mengaji akan membantu si anak bisa konsisten dan istiqomah. Selain itu dengan jadwal kita bisa lebih mudah menerapkan target capaian anak. Jadi buatlah jadwal kapan di harus mengaji dan apa saja yang harus dipelajari.

9. Sabar dan Memberi Hadiah

Terakhir adalah bersabar dalam mendidik anak. Selalu memperbaiki diri dan mengupdate diri supaya terus meningkatkan kualitas kita dalam mengajar. Karena saat mengajari anak mengaji biasanya mendapat kendala seperti sulitnya mereka dalam memahami bacaan khususnya bagi anak yang berusia 2 sampai 3 tahun.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment