Metode Proyek Sederhana

Berbagi :

3. Metode Proyek Sederhana

    Metode proyek artinya melakukan pekerjaan. metode proyek dalam pembelajaran artinya memberikan pekerjaan kepada siswa untuk menyelesaikan suatu persoalan tertentu. Proyek ini dapat dikerjaakan secara kelompok atau individu.metode pembelajarannya disebut sebagai metode pembelajaran proyek sederhana. 
Hal-hal yang dapat dilakukan dalam melaksanakan pembelajaran dengan metode proyek yaitu:
  •  Melakukan pengamatan terhadap warna daun (adaa yang hijau, kuning, merah, dll)
  • Melakukan kegiatan menjiplak
  • Mewarnai gambar tumbuh-tumbuhan
  • Menemukan benda yang memiliki bentuk persegi, segitiga, dll.
Lebih spesifik, berikut ini langkah-langkah pembelajaran dengan metode proyek
a. Penyelidikan
Pada kegiatan penyelidikan guru emberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap suatu topik yang akan guru sampaikan.
Misalnya : Taukah kamu bentuk segitiga segi empat, lingkaran, dll.

b. Penyajian bahan baru
Melalui metode cerita, atau ceramah juga bisa. Guru menyampaikan materi yang berkaitan dengan topik yang akan diselidiki.
Misanya : Guru menyampaikan bentuk-bentuk bangun datar seperti lingkaran, segitigaas, dll.

c. Asimilasi/pengumpulan data
Kegiatan siswa untuk mencari informasi dengan cara mengamati, mencatat dan mendokumentasikan segala informasi yang dibutuhkan sebagai tugas yang diberikan oleh guru.
 Misal :Setelah mengetahui bentuk-bentuk bangun datar, siswa diminta untuk mengamati benda-benda disekitar mereka yang memiliki bentuk bundar, persegi atau lainnya.

d. Mengorganisasikan data
Siswa diminta guru untuk mengorganisasikan data yang telah mereka cari. Pengorganisasian dapat berupa kegiatan seperti menggolongkan, memisahkan, menganalisis, dll.
Misal: Setelah anak-anak mengamati dan mendokumentasikan benda-benda yang memiliki bentu persegi, segitiga, lingkaran, maka siswa diminta mengkelompokan data tersebut pada kolom yang tepat.

e. Menyampaikan kembali
Pada tahap ini para siswa menyampaikan kembali apa yang telah mereka ketahui dari data yang telah mereka kumpulkan.

Metode proyek ini sangat baik karena peserta didik dapat secara langsung memanfaatkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam praktik nyata.

yang perlu diperhatikan dalam penerapan metode pembelajaran proyek sederhana adalah tidak semua topik pembelajaran dapat menggunakan metode ini. Guru harus pandai memilah dan merencanakan penggunaan metode proyek sederhana pada materi yang tepat pula.


LPGTK - Tadika Puri

  

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar