[Tanpa judul]

Berbagi :

Pengertian Pilot


Halo guys, ini adalah postingan pertama di blog ilmu pilot ini. Kali ini saya akan coba menjelaskan arti Pilot Pesawat menurut. Berikut saya copy saja artikelnya ya, hehe..
Pilot adalah sebutan untuk orang yang mengemudikan pesawat terbang. Sebagai sebuah profesi yang menuntut keahlian/skill dalam mengemudikan sebuah pesawat, seorang pilot harus menempuh ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan. Jika dinyatakan lulus dalam ujian, seorang pilot akan mendapat sertifikasi terbang, yaitu suatu surat pengakuan kemampuan sang pilot untuk menerbangkan pesawat dengan tipe/ukuran tertentu.
Dalam penerbangan pilot ini di dalam kokpit ia punya ide untuk menyelamatkan penumpangnya adalah: 1.harus ada ko-pilot 2.harus mempunyai ide sendiri-sendiri
Dalam tugasnya di dalam kokpit pesawat, pilot dibantu oleh seorang ko-pilot. Selama penerbangan berlangsung semenjak take off hingga landing, pilot dan ko-pilot akan mengikuti jalur-jalur penerbangan yang telah terprogram melalui bantuan navigasi pesawat dan mengikuti informasi yang diberikan oleh menara kontrol lalu-lintas bandar udara.
Di dalam sebuah penerbangan komersial, pilot dan ko-pilot bertugas mengemudikan pesawat sementara pramugari dan pramugara bertugas untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang dalam penerbangan. Pilot, ko-pilot, dan pramugari/pramugara adalah awak pesawat.
Pembicaraan yang dilakukan pilot, ko-pilot dengan petugas menara kontrol lalu-lintas dari dan ke sebuah bandar udara akan direkam oleh kotak hitam.

Penasaran Berapa Gaji Seorang Pilot? Simak Ulasannya!

Berapa Gaji Pilot
  
Mempunyai profesi sebagai pilot adalah hal yang membanggakan, menjadi gengsi tersendiri, dan pastinya memberikan tanggung jawab yang besar. Jika dilihat dari keterampilan yang dimiliki, tidak heran jika gaji yang diberikan terbilang tinggi, karena tidak semua orang bisa mengemudikan pesawat. Pada saat melangkah ke dalam kabin pesawat, kamu secara otomatis pastinya menaruh kepercayaan kepada pilot. Kamu berasumsi bahwa awak pesawat akan disiplin mengikuti seluruh prosedur untuk menerbangkan pesawat yang kamu tumpangi dan para penumpang lain dengan selamat hingga sampai ke tujuan.
Berapa sebenarnya gaji yang didapatkan oleh pilot Indonesia? Pastinya gaji yang didapatkan sangat fantastis. Berikut ini adalah penjelasan gaji pilot yang ada di Indonesia sesuai dengan maskapainya :

Garuda Indonesia

1. Gaji first officer Garuda
Bagi lulusan akademi pilot Garuda yang sudah diterima kerja oleh Garuda, ia akan mendapatkan jabatan awal sebagai first officer dengan gaji saat ini kurang lebih sebesar 20 juta rupiah, dan hanya boleh mengemudikan jenis pesawat kecil seperti pesawat perintis dengan tujuan jarak dekat. Gaji pilot Garuda Indonesia sebagai FO sudah cukup tinggi meskipun masih minim pengalamannya.
2. Gaji kapten pilot Garuda
Jabatan paling tinggi dalam pilot Garuda adalah kapten. Jabatan seorang kapten sangatlah penting karena bertanggung jawab atas semua penerbangan pada saat pesawat mengudara. Semua pusat kendali dan keputusan terletak pada seorang kapten pilot, gaji yang didapatkan oleh seorang kapten hampir menembus 50 juta bahkan bisa lebih.
Yang di jelaskan di atas yaitu besaran gaji pilot Garuda yang terbaru. Gaji tersebut bisa lebih tinggi secara bertahap sesuai dengan lamanya bekerja, jenjang karir dan prestasi tertentu yang belum tentu dimiliki oleh pilot lain. Setelah kamu menyimak ulasan gaji pilot Garuda Indonesia ini mungkin kamu akan mengarahkan cita2 anak kamu yang sejak kecil ingin menjadi plot.

Citilink

Citilink adalah salah satu maskapai penerbangan terbaik di Indonesia. Maskapai ini memiliki banyak sekali pesawat yang melayani berbagai rute baik dalam negeri atau luar negeri. Setiap tahunnya lowongan pilot Citilink dikeluarkan dengan iming-iming gaji pilot Citilink yang sangat besar. Dengan menjadi pilot Citilink, kamu bisa menikmati gaji hingga mencapai 48 juta rupiah perbulannya. Angka tersebut belum termasuk dengan tunjangan kerja lainnya.
Gaji pilot pemula untuk Citilink berkisar 15 sampai 20 juta rupiah setiap bulan. Semakin bertambahnya jam terbang seorang pilot, maka ia bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Copilot mempunyai tugas untuk mendampingi kapten pilot selama penerbangan berlangsung. Keahlian yang dimiliki mesti seimbang dengan kapten pilot. Gaji copilot ini bisa mencapai antara 30 juta sampai 40 juta rupiah tiap bulannya. Jika seorang copilot kemampuannya semakin terlihat dengan jam terbang yang banyak, maka naiklah ia menjadi seorang kapten.
Kapten mempunyai tanggung jawab yang besar karena ia harus memiliki kemampuan untuk menggaransi bahwa penerbangannya berjalan lancar. Seorang kapten pilot pun bertindak sebagai pengambil keputusan di berbagai kondisi penerbangan. Seorang kapten pilot Citilink bisa membawa pulang penghasilan mulai 45 hingga 47 juta rupiah setiap bulannya.

Lion Air

Kandidat yang terpilih dalam program kadet Wings Flying School selanjutnya akan mengikuti pendidikan 14 bulan, lalu disediakan pinjaman biaya pendidikan hingga 90% dan jaminan langsung bekerja sebagai pilot di Lion Air atau Wings Air. Setiap lulusannya mendapatkan sertifikat Commercial Pilot License dan Instrument Rating dan juga mendapatkan pola karir yang jelas mulai dari Kadet/Ab-Initio kemudian FO selanjutnya Captain dan terakhir Instructor atau di management.
Gaji pilot Lion Air adalah 45 juta rupiah per bulan, untuk copilot sekitar 35 juta rupiah per bulan. Angka tersebut belum termasuk berbagai tunjangan lain yang akan didapat. Ada flight allowance yang besarnya sampai 10 juta rupiah per bulan.
Flight allowance itu uang terbang yang perhitungannya per jam pada saat terbang. Besarannya bisa mencapai 60 ribu hingga 100 ribu rupiah per jam, dan dalam sebulan seorang pilot bisa menyelesaikan sampai 80 jam terbang. uang insentif bonus dan tunjangan hari raya yang besarannya bisa mencapai 3,5 kali gaji pokok per tahun. Kemudian ada uang pensiun yang besarannya bisa puluhan kali gaji pokok.

AirAsia

Maskapai AirAsia Indonesia adalah lisensi dari AirAsia International yang berasal dari Malaysia dan terkenal dengan tarif pesawat berbiaya murah. Air Asia Indonesia memiliki home base di  Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dengan armada berupa pesawat jenis Airbus. Pengoperasian armada Airbus di AirAsia didukung oleh pilot yang sangat berpengalaman. Gaji pilot AirAsia saat ini kurang-lebih 35,9 juta rupiah per bulan untuk gaji pokoknya.
Gaji yang di dapatkan oleh para pilot AirAsia tidak hanya gaji pokok, sebab masih ada penghasilan lain yaitu flight allowance (uang terbang) dengan besaran 60 ribu rupiah setiap jamnya. Setiap hari para pilot AirAsia bisa mengangkasa sampai 6 jam terbang. Gaji pilot Air Asia bila ditambah beberapa penghasilan tambahan lain totalnya bisa menembus angka 86,7 juta rupiah.
Syarat pertama menjadi seorang pilot untuk tinggi badan setidaknya 170 cm untuk laki-laki dan 165 cm bagi perempuan. Kemudian harus berbadan sehat diantaranya mata dengan penglihatan bagus dan tak berkacamata minus. Bagi yang buta warna tidak diizinkan untuk menjadi pilot sebab bermacam indikator tanda dan kode di dunia penerbangan mengandalkan warna untuk penanda. Ketentuan lainnya yakni pendidikan minimal SMA jurusan IPA atau SMK.

tugas seorang pilot

Pilot adalah sebutan untuk orang yang mengemudikan pesawat terbang. Sebagai sebuah profesi yang menuntut keahlian/skill dalam mengemudikan sebuah pesawat, seorang pilot harus menempuh ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan dan otoritas penerbangan. 
Jika dinyatakan lulus dalam ujian, seorang pilot akan mendapat sertifikasi terbang atau ijazah penerbang (pilot license), yaitu suatu surat pengakuan kemampuan sang pilot (kompetensi) untuk menerbangkan pesawat dengan tipe/ukuran tertentu. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Pasal 53 ayat (1) mengatakan “Setiap orang dilarang menerbangkan atau mengoperasikan pesawat udara yang dapat membahayakan keselamatan pesawat udara”.
Dalam tugasnya di dalam kokpit pesawat, pilot dibantu oleh seorang ko-pilot. Selama penerbangan berlangsung semenjak pintu terakhir ditutup untuk take off hingga pintu pertama dibuka setelah landing, pilot dan ko-pilot akan mengikuti jalur-jalur penerbangan yang telah didaftarkan dan terprogram melalui bantuan sistim navigasi pesawat serta mengikuti informasi yang diberikan oleh menara kontrol lalu-lintas di bandar udara maupun petugas pelayanan lalu lintas penerbangan di sepanjang perjalanan.
Dalam penerbangan pilot ini mengemudikan pesawat sesuai dengan rencana penerbangannya (flight plan) dan di dalam kokpit setiap saat ia punya ide untuk menyelamatkan penumpang dan pesawatnya. Untuk pesawat berawak pesawat ganda (multi crew) harus ditentukan pembagian tugas yang jelas siapa pilot yang terbang (pilot flying) dan siapa pilot pemantau (pilot monitoring). Sinergi pembagian tugas dan koordinasi kerja diantara mereka akan menghasilkan kualitas penerbangan yang lebih baik, aman dan efisien.
Di dalam sebuah penerbangan komersial, pilot dan ko-pilot bertugas mengemudikan pesawat sementara pramugari dan pramugara bertugas untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang dalam penerbangan.Pilot, ko-pilot, dan pramugari/pramugara (flight attendant) disebut sebagai awak pesawat (aircrew).Pembicaraan yang dilakukan pilot, ko-pilot dengan petugas pelayanan lalu-lintas akan direkam oleh kotak hitam( cockpit voice recorder) dan hampir semua parameter dari sistim yang ada direkam oleh kotak hitam (flight data recorder). Kotak hitam ini sangat penting untuk dianalisis dalam rangka rekomendasi pencegahan terulangnya kecelakaan penerbangan yang sama dikemudian hari.
Tugas Pilot dan lingkupnya
Seperti yang sudah dijelaskan bahwa tugas dari seorang Pilot adalah menjalankan mesin dari pesawat terbang sedangkan seorang COPILOT bertugas untuk membantu seorang Pilot. Adapun kepangkatan dalam dunia penerbangan (sipil) sebagai berikut:
CAPTAIN adalah komandan dari sebuah pesawat; Chief de Mission.
FIRST OFFICER adalah wakil dari Captain yang akan mengambil alih tugas captain apabila captain tidak dapat menjalankan tugasnya. Jadi apabila First Officer yang menjalankan pesawat/mesin; maka dia adalah Pilot nya. sedangkan Captain adalah Copilotnya. Demikian sebaliknya apabila Captain yang terbang maka dia adalah pilotnya dan dia juga komandan pesawat sedangkan first Officer adalah Copilotnya.
Jenjang karir seorang penerbang sipil di suatu Airline biasanya dimulai sebagai First Officer (F/O) di pesawat kecil dalam perusahaan tersebut.Kemudian naik ke pesawat yang lebih besar, masih sebagai F/O dan seterusnya. Kemudian mendapat promosi sebagai Captain di pesawat kecil; selanjutnya sebagai Captain ke pesawat yang lebih besar demikian seterusnya.
Sebagai penerbang sipil biasanya kita tidak mengenal hari, jadi bekerja sebagai penerbang tidak sama seperti pegawai kantor/darat, karena sebagai penerbang kita tetap bekerja walaupun hari minggu/raya apabila kita mendapat tugas/jadwal terbang maka kita harus menjalankannya. Walaupun begitu, sebagai seorang pilot hampir tidak pernah ada yang mengatakan bosan terbang. Tidak pernah bosan?Masa sih? Simak lagi aja yuk yang di bawah ini.
Tanggung Jawab Pilot
Seperti yang sudah penulis tuliskan bahwa Tanggungjawab seorang pilot itu tidak bisa disepelekan sehingga sudah sepantasnya seorang Pilot diberikan penghasilan yang tinggi. Berikut di bawah ini adalah beberapa tanggung jawab yang paling berat:
a. Menerbangkan pesawat.
Pesawat yang diterbangkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pilot tersebut. Keselamatan pesawat tersebut ada di tangan sang penerbang karena ia seharusnya sudah mampu menerbangkan pesawat dengan profesional dengan memperhatikan cuaca dan teknik.
b. Menjaga keselamatan penumpang.
Bagi pilot komersial, atau pilot yang bekerja pada maskapai penerbangan dan menerbangkan pesawat untuk dibayar, tanggung jawab terbesarnya adalah membuat penumpang nyaman dan menjaga keselamatan mereka.
c. Menjaga kesehatan diri sendiri.
Hal yang sudah menjadi tanggung jawab siapapun termasuk pilot adalah menjaga kesehatan diri sendiri. Namun, pilot harus ekstra dalam menjaga kesehatannya karena saat bekerja, ia harus fit dan bekerja maksimal tanpa ngantuk dan lelah.
Janji Para Pilot
  1. Kami para Pilot adalah insan yang berIman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Kami para Pilot memiliki semangat juang dan berjiwa patriot, rela berkorban dan memegang teguh kehormatan penerbang
  3. Kami para Pilot patuh dan taat pada peraturan serta mampu mengendalikan emosi dan berambisi untuk mencapai hasil yang terbaik
  4. Kami para Pilot bersikap optimis, cermat dan mampu beradaptasu serta mengetahui batas kemampuan diri dan alutsista
  5. Kami para Pilot senantiasa meningkatkan kesiapan mental, fisik, intelektual, dan daya juang serta memilki kesiagaan dan profesionalisme yang tinggi
  6. Kami para Pilot berani menanggung resiko dan bertanggung jawab atas hasil tugas yang dibebankan seta mempunyai rasa memiliki terhadap alutsista
  7. Kami para Pilot menjadi panutan dan memiliki wawasan yang luas , berani mengambil keputusan serta senantiasa menjunjung tinggi setiap tugas
  8. Kami para Pilot patuh, taat, setia kepada tugas
  9. Kami para Pilot bersikap luwes, mampu bekerjasama dan menghargai profesi lain.
Mengemudikan pesawat terbang adalah tugas utama dari seorang pilot. Kemampuan yang memerlukan tuntutan keahlian tinggi ini memerlukan lisensi sendiri, dan didapatkan melalui ujian yang diselenggarakan sekolah pilot dan juga otoritas yang mengatur penerbangan. Seorang pilot mempunyai tanggung jawab yang besar dalam pekerjaannya, sehingga tidak sembarang orang bisa begitu saja mengantungi lisensi. Dalam sekolah penerbangan, selain kemampuan teknis, calon pilot diharuskan untuk mengetahui etika dari profesi ini.
Etika dan Profesionalisme Pilot
Sempat kita mendengar berita jatuhnya pesawat yang dipimpin oleh Kapten Pilot Garuda di Bandara Adisucipto, Yogyakarta beberapa tempo lalu.Kapten tersebut kemudian dituntut hukuman penjara karena dianggap telah lalai sehingga mengakibatkan hilangnya nyawa. Serta merta organisasi profesi pilot melakukan pembelaan hukum untuk anggotanya. Barangkali adalah satu hal yang sangat kecil kemungkinannya Sang Pilot lalai, karena para pilot adalah para profesional yang menjunjung tinggi profesionalitas. Para pilot pasti sangat tahu dan sangat patuh pada prosedur kerja dan keselamatan, apalagi bila salah prosedur resikonya banyak nyawa akan melayang, nyawa crew dan para penumpang. Pilot adalah sebuah profesi yang tidak main-main. Ada yang mengatakan bahwa sebuah pekerjaan dapat disebut sebagai profesi apabila memenuhi tiga unsur syarat, yaitu:
  1. Ada lembaga pendidikannya
  2. Ada organisasi profesinya
  3. Ada kode etiknya
Pekerjaan sebagai pilot tentunya telah memenuhi ketiga unsur tersebut. Pilot dihasilkan oleh lembaga pendidikan pilot/penerbang yang tentunya tidak sembarang memberi tanda lulus/sertifikat atau lisensi penerbang. Adakah lisensi terbang/sertifikat pilot yang didapat dengan cara nembak? (Kaya SIM aja.)Ada organisasi profesi pilot, yang di antara berfungsi memberikan pembelaan seperti kasus di atas, dan tentunya ada kode etik pilot.
Jadi barangkali hampir dapat dipastikan para pilot adalah orang-orang profesional yang menjunjung tinggi profesionalitas karena dihasilkan oleh lembaga pendidikan profesi, serta patuh dan taat pada kode etik profesi yang dikeluarkan oleh organisasi profesinya. Tapi, sebagai manusia biasa tak bisakah pilot berbuat salah, lalai, atau disalahkan sehingga dapat dihukum? Meskipun, barangkali belum ada hingga saat ini (atau saya tidak tahu) pilot dihukum karena pesawatnya celaka dan mengakibatkan hilangnya banyak nyawa. 
Etika profesi seorang pilot antara lain:
  1. Seorang pilot dituntut harus tenang dalam setiap keadaan, misalkan pada suatu penerbangan terjadi kerusakan mesin akibat technical error, dalam hal ini pilot dituntut untuk tetap tenang meskipun hanya satu mesin yang masih menyala dan tetap mengusahakan penerbangan selesai dengan selamat.
  2. Seorang pilot harus memiliki ketegasan dan kewibawaan dalam setiap proses penerbangan hal ini dikarena kan pada proses penerbangan pilot terkadang dituntut untuk tetap pada pendiriannya meskipun keadaan mendesak pilot untuk mengubah pendiriannya, misalnya seorang pilot ditengah penerbangan diminta untuk transit ke suatu wilayah, padahal dalam penerbangan tersebut tidak dijadwalkan ada transit, pada hal ini pilot tersebut diharuskan tetap pada pendiriannya untuk tidak transit.
  3. Seorang pilot dituntut untuk memiliki inisiatif yang tinggi dalam setiap penerbangan yang dilakukannya, misalnya dalam penerbangan terjadi cuaca buruk diarah jam 12 dalam jarak sekitar 10 menit, pilot tersebut harus mampu mencari solusi terbaik tanpa mengakibatkan terjadinya situasi berbahaya.
  4. Seorang pilot tidak boleh menunjukkan kepanikan meskipun situasi sedang dalam keadaan darurat karena kepanikan justru dapat mengakibatkan kesalahan fatal terjadi dan bukannya dihindari.
  5. Seorang pilot harus memiliki konsentrasi dan fokus yang tinggi, untuk hal ini akan sangat diperlukan oleh pilot pesawat tempur, misalnya seorang pilot diharuskan melalui medan yang berbahaya dan celah untuk terbang yang sempit, sehingga pilot yang bersangkutan diharuskan fokus agar tidak terjadi hal yang diinginkan dan mengancam keselamatan
  6. Seorang pilot diharuskan memiliki sifat pemberani, berani disini dimaksudkan dalam pengertian berani dalam melakukan manuver yang berbahaya namun jika terpaksa harus dilakukan mau tidak mau dan pilot yang bersangkutan harus berani melakukannya.
  7. Seorang pilot harus memiliki jiwa yang siap berkorban, hal ini dimaksudkan jika terjadi kecelakan pada pesawat seorang pilot layaknya tetap memperhitungkan posisi jatuh pesawat dan jika memungkinkan dengan posisi dimana persentase keselamatan penumpang tetap tinggi.
Itulah etika profesi yang wajib dimiliki oleh seorang pilot. Tanggung jawab pilot yang berat dalam mengemudikan pesawat dan membawa nyawa banyak orang di dalamnya menjadikan etika ini suatu hal yang wajib ditanamkan di diri setiap calon pilot. Setiap sekolah pilot, seperti Fly Perkasa Flight School, akan mengajarkan hal ini dalam pendidikannya.

pangkat pada pilot

Pilot merupakan orang yang bertugas menerbangkan pesawat udara dari satu tempat ke tempat yang lain. Pilot memiliki kewajiban penuh untuk menjaga seluruh Penumpang, Crew dan Teknisi saat Take-Off , Mengudara , Maupun Landing. Tapi pernahkah kalian melihat tanda garis-garis yang ada pada pundak seorang pilot? Berikut penjelasan mengenai garis-garis yang terdapat pada Pundak Seorang Pilot:
  1. Cadet Pilot
  1. Cadet Pilot Biasanya adalah seorang Co-Pilot yang baru lulus dari Sekolah penerbangan dan biasanya memiliki tanda 1  garis/ bar pada pundaknya. 
  1. Second Officer
  1. Second Officer biasanya adalah Seorang Co-pilot yang telah memiliki jam terbang di airlines/ sudah bekerja diairlines dan memiliki 150 lebih jam terbang. 
  1. First Officer
  1. First Officer atau sering juga disebut FO memiliki tiga buah garis yang berwarna sama dengan Captain. FO duduk disebelah kanan pesawat. Junior First Officer memiliki dua tanda pangkat. Senior dan Junior First Officer dibedakan berdasarkan dari pengalaman serta jumlah jam terbang yang dimilki. 
  1. Captain
  1. Captain memiliki empat garis pangkat yang biasanya berwarna emas, walaupun ada juga beberapa airline di dunia yang menggunakan warna putih. Saat bertugas, Captain selalu duduk disebelah kiri di dalam cockpit (ruang kemudi). Mereka sering juga disebut sebagai PIC atau Pilot in Command yaitu pemimpin tertinggi di dalam pesawat dalam kaitannya dengan keselamatan dan keamanan penerbangan. Pada perusahaan penerbangan tertentu dekorasi tambahan diberikan pada tanda pangkat Captain seperti, tanda bintang atau tanda berlian dan sebagainya tergantung dari kebijakan perusahaan. 
  1. Flight Engineer
  1. Flight Engineer atau FE memiliki tiga buah garis pangkat yang biasanya agak sedikit berbeda. Kebanyakan perusahan penerbangan menambahkan garis bayangan berwarna ungu diantara garis pangkat pada seragam Flight Engineer. Flight Engineer duduk di belakang Captain dan First Officer, menghadap pada tombol-tombol penting yang mengatur system pada pesawat. Walaupun Flight Engineer tidak menerbangkan pesawat seperti Captain dan First Officer, Flight Engineer memiliki tugas yang sama pentingnya yaitu memonitor dan mengoperasikan serta bertanggung jawab atas bekerjanya system pesawat tersebut. 
Perlu kalian ingat, tidak semua pesawat terbang didisain dan diciptakan dengan posisi Flight Engineer. Beberapa tahun belakangan ini tugas Flight Engineer sudah banyak digantikan oleh system computer yang semakin canggih sehingga pesawat tidak lagi membutuhkan keberadaan flight engineer di dalam ruang kemudi. Jenis pesawat dengan Flight Engineer contohnya adalah B747 seri 100, 200, 300; B737 seri 200; dan beberapa B767 seri 200.ang  

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar