seberapa pentingnya bahasa inggris bagi pilot

Berbagi :

Tanya Jawab seputar Bahasa Inggris bagi Pilot




Seberapa pentingnya bahasa Inggris bagi pilot?
Kemampuan dalam matematika dan fisika memang penting, tapi jauh lebih penting jika pilot mampu dalam bahasa Inggris. Bahkan bisa dibilang suatu keharusan seorang pilot bisa bahasa Inggris. Berikut beberapa alasannya:
  • Buku panduan penerbangan di sekolah pilot menggunakan bahasa Inggris. Buku panduan penerbangan di sekolah pilot hampir semuanya diterbitkan oleh penerbit luar negeri yang pastinya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Kalau tidak bisa bahasa Inggris, bagaimana bisa memahami maksud dari buku panduan penerbangan tersebut.
  • Instrumen di kokpit pesawat pun menggunakan bahasa Inggris. Instrumen-instrumen di kokpit pesawat seperti Air Speed Indicator (untuk mengetahui kecepatan pesawat relatif), Altimeter (untuk mengetahui ketinggian pesawat), Artificial Horizon (untuk mengetahui posisi pesawat saat terbang), Magnetic Compass (untuk menunjukkan arah terbang pesawat), dll semuanya menggunakan bahasa Inggris.
  • Komunikasi pilot dengan ATC (Air Traffic Controller) juga wajib menggunakan bahasa Inggris. Seorang pilot harus terus melakukan komunikasi dengan pihak ATC. Tujuannya untuk mencapai keselamatan penerbangan. ATC bakal memberikan arahan saat akan melakukan penerbangan, bilamana terjadi masalah di udara, atau landing.
Bagaimana cara efektif belajar bahasa Inggris untuk jadi pilot?
Atas dasar inilah ketika masuk ke sekolah penerbangan (syarat dasar yang harus dipenuhi untuk menjadi pilot) harus punya kemampuan bahasa Inggris selain harus punya tubuh yang ideal, kondisi kesehatan yang prima, serta modal yang cukup. 
  • Setiap harinya, kosakata antara 5 sampai dengan 10 harus hafal. Semakin banyak kosakata yang dihafal, akan semakin mudah untuk berkomunikasi bahasa Inggris.
  • Pahami grammar bahasa Inggris. Penyusunan kalimat dalam bahasa Inggris tidak boleh asal-asalan, sudah ada aturan dalam penyusunannya atau disebut grammar. Bentuk grammar bahasa Inggris yakni present tense, present continuous tense, simple present tense, pas tense, & past continuous tense. Kalau dalam bahasa Indonesia, grammar sendiri disebut dengan SPOK (Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan).
  • Perbanyak mendengarkan lagu atau menonton film bahasa Inggris. Semakin sering mendengakan lagi atau menonton film bahasa Inggris, diharapkan agar lebih memahami bagaimana cara pengucapan kosakata bahasa Inggris dengan benar.
mauu jadi pilot klik disini.

Global Aviation Scool

  

#pilotthebest #pilotganteng #gajipilot #sukajadipilot #pengenjadipilot
#pilotishero

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar