Sejarah Bandara Soekarno Hatta

Berbagi :



SEJARAH BANDARA SOEKARNO HATTA



Sebelumnya, Bandara Soetta dibangun untuk menggantikan bandara internasional komersial pertama Indonesia, Bandara Kemayoran. Bandara Kemayoran dibangun pada tahun 1940 dan pesawat DC-3 Dakota milik perusahan penerbangan Hindia Belanda Koninklijk Nederlends Indische Luchvaart Maatschapij (KNILM) menjadi pesawat pertama yang mendarat di sana.
Pada 1985, Bandara Internasional Seokarno Hatta mulai diresmikan sebagai bandara utama Indonesia setelah Bandara Kemayoran Jakarta di-non aktifkan pada 1985. Penonaktifan Bandara Kemayoran ini dikarenakan posisi yang begitu dekat dengan basis militer Indonesia di Bandara Halim Perdanakusuma.
Lokasi bandara pengangkut penumpang sebaiknya memang menjauh dari basis militer. Maka, dipilihlah Cengkareng, Tangerang, Banten yang jauh dari Bandara Halim Perdanakusuma sebagai lokasi penggantinya.
Pada tahun 1975 hingga 1981, proses pembangunan Bandara Internasional Soekarno Hatta mulailah dilakukan dengan rencana pembangunan 3 landasan pacu, jalan aspal, 3 bangunan terminal internasional, 3 terminal domestik dan 1 terminal Haji di Bandara Soekarno-Hatta.
 untuk mendirikan bandar udara utama Indonesia yang megah ini, dibutuhkan tak kurang dari 465 juta USD. Biaya tersebut pun masih belum termasuk anggaran pembangunan apron yang memakan biaya hingga 216 juta USD. Kalau dikalkulasikan, awal mula dibangunnya Bandara Internasional Soekarno Hatta membutuhkan uang kurang lebih 681 USD. Dengan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika saat itu sebesar Rp 970, sekitar Rp 660.570.000.000 dikeluarkan untuk membangun Bandara Soekarno Hatta.

Semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya
bagi teman teman yang berminat kerja di bandara klik DISINI

Airlines Buiness Career

  

#sejarahbandarasoekarnohatta#sejarahbandarudara#sejarahbandaraterbaik#sekolahpenerbangan#penerbanganterbaik#airlinebusinesscareer#airlinetadikapuri#airlineindonesia

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar