4 Siasat Membujuk Anak Supaya Mau Minum Obat

Berbagi :



Alasan anak-anak enggan minum obat

Hampir semua anak susah ketika disuruh minum obat. Anda pasti susah membujuk anak minum obat jika anak sudah mempunyai pandangan mengerikan sendiri terhadap obat. Sebelum memaksa minum obat, Anda harus tahu dulu alasan mengapa mereka enggan minum obat, padahal tubuhnya sedang sakit.
Seperti yang telah disinggung di atas, alasan umumnya terjadi karena rasa obat tidak enak. Obat juga punya aroma menusuk dan menyengat di penciuman anak-anak. Tak jarang juga, di kondisi anak yang sedang lemah, mood-nya jadi tidak baik. 
Karena itulah orangtua kadang mulai dengan membujuk anak minum obat, tapi lama-lama bisa berubah menjadi paksaan. Bahkan anak mungkin perlu “dicekoki”, hanya agar anak tersebut mau minum obat.

Lalu, adakah tips dan trik membujuk anak minum obat?

Jangan khawatir, anak Anda masih bisa tetap minum obat dengan tenang tanpa drama. Di bawah ini adalah beberapa tips membujuk anak minum obat yang bisa Anda praktikkan di rumah, terutama jika Anda memiliki anak balita.

1. Bujuk pelan-pelan

Kadang anak butuh dijelaskan, bukan dipaksa ketika ia tidak mau melakukan hal yang ia tidak mau lakukan. Ini merupakan cara paling dasar ketika Anda ingin memberikan pola asuh yang baik. Jika anak sekiranya sudah bisa diajak berbicara dan bernalar, Anda bisa memberi penjelasan pada anak soal pentingnya obat.
Coba Anda katakan dengan jelas dan lembut seperti, “Kalau nggak minum obat, nanti badanmu nggak sembuh-sembuh. Besok jadi nggak bisa main ke rumah temanmu, dong?”
Gunakan perumpamaan atau cantumkan kegiatan yang ia idam-idamkan dengan “minum obat agar  cepat sehat” sebagai ucapan di tengah-tengah bujukan Anda. Jangan lupa jelaskan juga bahwa obat berfungsi untuk melawan penyakit yang ada dalam tubuhnya.

2. Rayu dengan hadiah

Bila membujuk sambil menjelaskan pelan-pelan tidak bisa membuat anak Anda minum obat, Anda bisa mencoba cara lain dengan mengimingi hadiah tertentu. Cara ini tidak boleh terlalu sering dilakukan. Lakukan jika anak benar-benar tidak mau minum obat. 
Akan tetapi, jangan beri iming-iming atau sogokan yang tidak sehat seperti permen atau jajanan lainnya. Anda bisa menawarkan menu makanan kesukaannya misalnya sup ayam atau tempe goreng tepung.

3. Selipkan obat dalam makanan 

Alternatif lainnya untuk membuat anak minum obat, Anda bisa menyempilkan obat di antara makanannnya. Contoh, selipkan obat tablet (yang sudah digerus) ke dalam makanan seperti bubur atau di dalam roti isi. Anda juga bisa mencampurkan obat dengan madu bila rasanya tidak enak. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter dan apoteker, ya. 

4. Pancing anak dengan bermain peran atau cerita yang seru

Terakhir, Anda bisa membuat anak minum obat dengan berlakon seperti dokter dan pasien. Balita atau anak-anak biasanya suka dengan permainan peran seperti ini. Pancing dengan memainkan peran bergantian. Ajak anak main dokter-dokteran beberapa saat sebelum minum obat. Jangan lupa juga selipkan percakapan yang mengatakan bahwa setiap orang yang sedang sakit butuh minum obat agar cepat sembuh.
Anda bisa berperan sebagai dokter dan anak menjadi pasien, atau bisa menggunakan boneka kesayangannya sebagai pasien yang sakit. Anda juga bisa menciptakan kisah pahlawan yang sedang sakit dan butuh ramuan ajaib (yaitu obat si kecil) untuk menyembuhkannya. 


Playgroup Tk Tadika Puri

  

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama