5 Cara Mudah Mengajari Anak Menabung Sejak Dini

Berbagi :

1.Mulailah dari Usia Dini

Kobliner mengatakan bahwa pengaturan keuangan sederhana seperti menabung dapat Anda terapkan sejak anak menginjak usia 3 tahun. Anda dapat memberikan buku cerita yang bergambar dan mengisahkan perihal cara menabung. Teknik ini sangat membantu Anda mengenalkan apa itu uang dan bagaimana sistem mengelola yang tepat.

2.Batasi Semua Keinginan Anak

Sebagai orangtua, penting untuk bisa berkata “tidak” atau menolak sebagian keinginan anak. Anda harus memberikan pengertian bahwa tidak semua kemauannya dapat terpenuhi. Ajarkan pada anak untuk mengelompokkan mana kebutuhan primer dan sekunder, sehingga ia akan terbiasa hidup berkecukupan serta tidak boros.

3.Jangan Membicarakan Gaji di depan Anak

Besar kecilnya gaji sebaiknya hanya Anda dan pasangan yang tahu. Jangan sampai kondisi keuangan keluarga membuat anak menjadi hidup boros lantaran mengetahui kedua orangtuanya berkecukupan. Lebih baik, singkirkan pembicaraan gaji di hadapannya.
4.Berhenti untuk Mengiming-imingkan Anak dengan Uang
Mengapresiasi akan prestasi atau perkembangan yang dilakukan oleh anak adalah sebuah keharusan. Namun, jangan terlalu sering membiasakan mereka hidup boros dengan memberikannnya uang. Lebih baik, berikan pujian berupa kata-kata dan kasih sayang yang justru membuat mereka mengerti apa arti sebuah penghargaan dan tidak bergantung pada uang.

5.Menjadi Cerminan Tepat

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, pepatah ini mungkin sangat tepat menggambarkan situasi keuangan keluarga. Anak yang hidup dengan kedua orangtua boros, maka ia akan meniru apa yang Anda lakukan. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin anak seenaknya menghamburkan uang, jadilah cerminan yang baik untuk anak, supaya mereka dapat mencontoh apa yang Anda lakukan.
Bila ingin lebih dalam tentang ini bisa klik disinih

Playgroup Tk Tadika Puri

  






Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar