5 Kegiatan Sederhana di Rumah yang Dapat Mengasah Otak Anak






1. Menggambar dan Mewarnai



saat menggambar dan mewarnai, anak-anak diharuskan berkonsentrasi. Anak-anak pun melibatkan semua anggota tubuh., pikiran serta perasaan mereka secara bersamaan sehingga membuat mereka bagaimana menggunakan kekuatan otak mereka saat melakukan aktivitas ini.



2.Bercerita


bercerita atau yang sering disebut storytelling, ternyata lebih dari sekedar pengatar tidur anak. Dengan mendengarkan anda bercerita, anak akan terlatih untuk memberikan atensi atau berkonsentrasi pada apa yang anda katakan. Selain itu, mendengarkan cerita dapat menstimulasi  bagian otak yang berbeda dengan bagian otak yang terstimulasi ketika anak membaca buku bergambar. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kemampuan mengingat anak.



3.Apa Ini? Apa Itu?

Coba isi kantung kain dengan beberapa jenis permainan. Anda dapat memberika tema pada mainan tersebut misalnya, hewan, alat transportaasi, dan sebagainya. Lalu tantang anak anda untuk menebak beberapa mainan di dalam kantung dengan cara merabanya. Anda bisa membiarkan anak anda merabanya dari luar  kantung atau pun dari dalam dan menyuruhnya menutup mata. Permainan ini membutuhkan daya ingat serta kemampuan anak untuk memhubungkan informasi sensor anak dengan pengetahuannya terhadap bentuk tersebut.


4.Bermain Detektif 

perkenalkan anak anda kepada sebuah benda, lalu sembunyikan benda tersebut. Tantang anak untuk menemukannya dengan memberikan beberapa petunjuk yang membawanya lebih dekat kepada benda tersebut. permainan interaktif ini sangat membantu anak mengasah kemampuan perencanaannya. Anak harus menghubungkan petunjuk verbal dengan hal-hal yang ia lihat disekitarnya, serta menyesuaikan rencana mereka dengan bertambahnya informasi yang ia dapatkan dari anda.

5.Memasak Bersama 


Tidak dapat dipungkiri anak-anak sangat suka makan ringan yang manis seperti cookies dan biskuit. Hal ini dapat anda manfaatkan dengan menhajaknya masak bersama. Memasak dengan mengikuti sebuah resep melatih anak untuk bekerja dengan perencanaan dan terus memperhatikan langkah selanjutnya dalam perencanaan tersebut.





Playgroup Tk Tadika Puri

  

Previous
Next Post »
Thanks for your comment