[Tanpa judul]

Berbagi :

5 Langkah Mencegah Gigi Anak Berlubang




Gigi anak hitam dan berlubang tidak boleh disepelekan, Bun. Bisa jadi gangguan kesehatan gigi itu malah disebabkan oleh kita, orang tuanya, dalam memberikan asupan susu dan ASI.

Dijelaskan oleh drg Ifania, MKM, gigi berlubang pada anak atau biasa disebut baby bottle caries, terjadi akibat pemberian susu botol susu atau pun ASI yang kurang tepat. Karies gigi atau gigi berlubang adalah suatu penyakit dari jaringan gigi yang diawali dengan terjadinya kerusakan jaringan yang dimulai dari permukaan gigi (pit, fissures, dan daerah interproximal), kemudian meluas ke arah pulpa.


"Karies merupakan penyakit yang berkembangnya lambat dan keaktifannya bertahap serta proses dinamis yang ditandai oleh proses demineralisasi dan remineralisasi. Perlu diingat kecepatan karies pada anak-anak lebih cepat daripada pada orang dewasa," papar drg Ifania di acara 'Susu Cair dan Kesehatan Gigi Anak' yang digelar oleh Food for Kids Indonesia di kawasan Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Sebelum karies terjadi, ada baiknya Bunda melakukan pencegahan. Ada lima langkah yang diusulkan drg Ifania yang bisa Bunda terapkan dalam keseharian:

1. Pemberian ASI atau makanan melalui botol dianjurkan hanya sampai bayi berusia 6 bulan
2. Waktu memberi minum pada bayi selalu diperhatikan dan bayi tidak boleh mengisap botol sambil tiduran, apalagi sampai tertidur.
3. Hindari pemberian gula berlebihan.
4. Sebaiknya anak sudah mulai diperkenalkan ke dokter gigi sejak usia dini (1 tahun). Sehingga, bila terlihat tanda-tanda baby bottle caries anak bisa segera mendapat perawatan.

5. Perawatan harus dilakukan meskipun gigi tinggal akar karena usia penggantian gigi masih lama.

"Kehilangan atau pencabutan yang dini dari gigi susu, mengakibatkan terganggunya pertumbuhan dan perkembangan rahang untuk gigi tetap," ujar drg Ifania.
Demikian artikel ini untuk info lebih lanjut bisa klik disini

#pertumbuhananak#perkembangananak#anaksehat#anakpintar

Playgroup Tk Tadika Puri

  


Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar