5 Tombol yang Sebenarnya Dihindari Pilot saat Kendalikan Pesawat Terbang
5 Tombol yang Sebenarnya Dihindari Pilot saat Kendalikan Pesawat Terbang
Tombol mesin pemadam kebakaran
Pihak keamanan bandara biasanya selalu mengecek dan memastikan penumpang yang akan naik pesawat tidak membawa baterai lithium. Hal itu dikarenakan reaksi kimia dapat membuat baterai mendadak panas dan menyalakan api. Bila tiba-tiba ada api kecil di kabin pesawat, hal tersebut bisa dibilang tidak cukup berbahaya karena bisa segera diatasi dengan alat pemadam. Hal yang berbahaya adalah ketika ada api yang lebih besar di dalam bagasi atau kargo karena adanya banyak baterai.
Kejadian itu membuat pilot harus menggunakan gagang api mesin yang bertujuan untuk memotong gas supaya tidak masuk ke mesin dan menghentikan bahan bakar yang bisa membuat api semakin besar. Selain itu, pilot mungkin perlu mengaktifkan saklar pemadam kebakaran kompartemen di kargo yang berfungsi untuk melepaskan bahan kimia ke area tersebut sehingga bisa menahan api.
Tombol ditching
Setiap pesawat terbang komersial diwajibkan untuk memiliki saluran parit yang hanya bisa digunakan dalam keadaan darurat untuk melakukan pendaratan di air. Bila keadaan tersebut terjadi, pilot akan menekan tombol ditching yang berfungsi untuk menutup katup, aliran udara, dan bukaan lainnya di bagian bawah pesawat. Kondisi tersebut tidak membuat pesawat langsung bergerak ke bawah melainkan mengurangi kecepatan pesawat sehingga secara perlahan pilot bisa melakukan pendaratan darurat di air. Selain itu, dengan penurunan kecepatan pesawat, penumpang memiliki lebih banyak waktu untuk mendapatkan keselamatan. Di saat itu, penumpang harus mengikuti arahan petugas.
Tombol kode bahaya 7500
Saat sedang mengendalikan pesawat, pilot akan menggunakan empat digit kode yang biasa disebut "squawks" untuk tetap berhubungan dengan pengontrol lalu lintas udara melalui perangkat transponder. Biasanya, angka-angka tersebut digunakan untuk mengidentifikasi pesawat terbang. Tapi ada kode lain yang digunakan saat keadaan darurat. Misalnya, kode 7600 yang berarti mereka kehilangan komunikasi radio dan 7700 yang mengindikasikan ada keadaan darurat umum yang masih bisa diatasi. Tapi, bila pilot mengirimkan kode 7500 hal itu berarti pesawat sedang dibajak.
Tombol oksigen penumpang
Perubahan tekanan selalu terjadi pada saat pesawat akan melakukan lepas landas dan pendaratan. Tapi perubahan tekanan juga bisa terjadi di tengah penerbangan. Bila hal itu terjadi, pilot akan menekan tombol yang berfungsi melepaskan masker oksigen secara otomatis agar penumpang tidak kehilangan oksigen. Biasanya keadaan itu tidak akan berlangsung lama. Bila Anda berada pada kondisi tersebut, usahakan untuk tidak panik agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti serangan jantung.
Tombol ekstensi alat darurat
Pesawat membutuhkan roda untuk pendaratan yang aman, namun jika sistem tenaga utama tidak berfungsi, roda tersebut tidak akan terlepas. Dalam hal ini, pilot memerlukan rencana cadangan dengan menekan tombol sistem perpanjangan darurat yang berfungsi untuk menghilangkan tekanan agar roda gigi tidak bergerak atau membiarkan pilot memutar roda gigi ke posisi yang benar.pengen jadi pilot klik disini.
Global Aviation School
#pilotthebest
#pilotganteng #gajipilot #sukajadipilot #pengenjadipilot
#pilotisheroDaftar Isi [Tutup]
0 Komentar
Posting Komentar