7 Penggunaan pertanyaan pelacak
Penggunaan pertanyaan pelacak
Jika pertanyaan yg diberikan oleh siswa dinilai
benaar oleh guru, tetapi masih dapat ditingkatkan menjadi lebih sempurna, guru dapat mengajukan
pertanyan-pertanyaan pelacak kepada sisiwa tersebut. Beberapa teknik pertanyaan pelacak yg dapat digunkan :
1. klasifikasi: jika siswa menjawab dengan kalimat yg kurang tepat, guru dapat memberikan pertanyaan pelacak yg meminta siswa tersebut untuk menjelaskan dengan kata-kata lain sehinga jawaban siswa menjadi lebih baik.
2. meminta siswa memberikan alasan (argumentasi) yg
dapat menunjang kebenaran pandangannya dalam menjawab peranyaan guru.
3. meminta kesempatan pandangan; guru dapat
memberikan kesempatan kepada siswa lainnya untuk menyatakan persetujuan atau
penolakan disertai alasan terhadap jawaban rekannya, agar diperoleh pandangan yg
dapat diterima oleh semua pihak
4. meminta kesempatan jawaban; guru dapat meminta
siswa untuk meninjau kembali jawaban yg diberikannya bila dianggap kurang tepat.
5. meminta jawaban yg lebih relevan; bila jawaban
siswa kurang relevan, guru dapat meminta jawaban yg benar dan relevan dari
siswa tersebut.
6. meminta contoh
7. meminta jawaban yg lebih kompleks
Daftar Isi [Tutup]
0 Komentar
Posting Komentar