7 Penggunaan pertanyaan pelacak

Berbagi :
Penggunaan pertanyaan pelacak

Jika pertanyaan yg diberikan oleh siswa dinilai benaar oleh guru, tetapi masih dapat ditingkatkan menjadi lebih sempurna, guru dapat mengajukan pertanyan-pertanyaan pelacak kepada sisiwa tersebut. Beberapa teknik pertanyaan pelacak yg dapat digunkan :



1. klasifikasi: jika siswa menjawab dengan kalimat yg kurang tepat, guru dapat memberikan pertanyaan pelacak yg meminta siswa tersebut untuk menjelaskan dengan kata-kata lain sehinga jawaban siswa menjadi lebih baik.


2. meminta siswa memberikan alasan (argumentasi) yg dapat menunjang kebenaran pandangannya dalam menjawab peranyaan guru.


3. meminta kesempatan pandangan; guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa lainnya untuk menyatakan persetujuan atau penolakan disertai alasan terhadap jawaban rekannya, agar diperoleh pandangan yg dapat diterima oleh semua pihak


4. meminta kesempatan jawaban; guru dapat meminta siswa untuk meninjau kembali jawaban yg diberikannya bila dianggap kurang tepat.


5. meminta jawaban yg lebih relevan; bila jawaban siswa kurang relevan, guru dapat meminta jawaban yg benar dan relevan dari siswa tersebut.


6. meminta contoh


7. meminta jawaban yg lebih kompleks


LPGTK - Tadika Puri

  

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar