9 cara meningkatkan kreativitas dan kompetensi guru

9 cara meningkatkan kreativitas dan kompetensi guru
     pelatihan apa yang diperlukan bagi seorang guru agar cara mengajarnya kreatif sekaligus guru menjelma menjadi sosok yang profesional dalam membawakan diri dalam keseharian dan tangkas berkomunikasi pada orang tua siswa.



1. Manajemen kelas yang kondusif
  • Guru mengetahui bagaimana mengelola kelas menyesuaikan dengan prinsip pembelajaran Abad 21
  • Mengetahui bagaimana mengatur kelas sesuai dengan prinsip pembelajaran dalam Kurikulum 2013
  • Mengetahui dan bisa mempraktekkan bagaimana membentuk lingkungan pembelajaran yang kondusif
  • Mengatasi dan mencegah bullying, dari siswa ke siswa, guru ke siswa dan siswa ke guru.
  • Memberikan siswa motivasi,  membentuk karakter siswa melalui disiplin yang positif
  • Bagaimana membentuk kesepakatan kelas dan peraturan kelas yang dipatuhi oleh siswa.
2. Pembuatan RPP yang efektif
Guru akan semakin terampil dan menguasai
  • Bagaimana membuat RPP sesuai dengan prinsip pembelajaran Abad 21
  • Bagaimana RPP menjadi pokok arahan dalam kurikulum 2013
  • Dasar perancangan pembelajaran yang bermakna
  • Cara melakukan bedah Silabus (KI-KD)
  • Membuat tujuan pembelajaran, merancang indikator memadukan LOTS dan HOTS (berpikir tingkat rendah dan berpikir tingkat tinggi)
  • Indikator Pembelajaran yang  sesuai dengan taksonomi bloom pada Questioning skill berdasarkan Bloom Taxonomy dan berbasis pada tatanan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
3. Merancang pembelajaran yang kreatif
Guru akan fasih dalam melakukannya di kelas, hal-hal dibawah ini
  • Apa sebenarnya hakikat Pembelajaran Abad 21,
  • Prinsip Pembelajaran yang berasaskan PAKEM dalam kurikulum 2013
  • Langkah-langkah pembelajaran dalam pendekatan saintifik
  • Bagaimana melaksanakan pembelajaran kooperatif di kelas
  • Pembelajaran menggunakan graphic organizer (peta pikiran)
  • Melakukan micro teaching (praktek mengajar) dengan teknik mengajar yang kreatif
4. Penilaian dalam kurikulum 2013
Guru akan fasih dalam pemahaman dan pelaksanaan, hal-hal dibawah ini
  • prinsip penilaian autentik
  • Bagaimana melakukan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan
  • Memahami prinsip portfolio
  • Melakukan students led conference dalam level sekolah
  • Melakukan penilaian dengan instrumen penilaian Rubrik, Rating Scale, Checklist.
  • Jurnal Refleksi Pembelajaran Karakteristik penilaian.
  • Bagaimana menentukan nilai ketuntasan belajar.
  • Bagaimana melakukan pengolahan nilai sikap, nilai keterampilan dan nilai pengetahuan.
  • Bagaimana menindak lanjuti hasil belajar siswa
5. Public speaking untuk guru dan kepala sekolah
Pendidik akan makin mampu dan terampil dalam
  • Berbicara dan berkomunikasi online dan offline dengan efektif dan profesional kepada semua stake holder/pemangku kepentingan (sesama guru, orang tua siswa dan siswa)
  • memotivasi keinginan belajar dan perubahan perilaku peserta didik dengan pemilihan kata (diksi) yang tepat hingga berujung dengan penerapan disiplin yang positif.
  • Meningkatkan penguasaan keterampilan mengajar guru di kelas sehingga bisa mempengaruhi dan menginspirasi siswa nya lewat ucapan yang bernuansa empati sekaligus asertif  
  • menguasai kelas lewat trik yang bisa membuat peserta didik memperhatikan guru tanpa dipaksa.



LPGTK - Tadika Puri

  
Previous
Next Post »
Thanks for your comment