[Tanpa judul]

Berbagi :

Cara agar anak tidak mudah sakit 


Makan makanan yang sehat

Cara agar anak tidak mudah sakit yang pertama adalah tentang makanan. Anak-anak sebaiknya hanya memakan makanan yang segar, sehat, dan bukan makanan cepat saji. Tetapi, kadang anak lebih suka memakan makanan serta jajanan yang kurang sehat. Kita sebagai orang tua perlu memastikan bahwa anak-anak kita makan dengan benar dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan bukan hanya rasa, warna, atau hadiah di dalam bungkus makanan, anak memerlukan nutrisi / gizi dari makanan tersebut.
Anak membutuhkan gizi yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang. Karena itu, mereka harus rutin mendapatkan makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.
Orang tua sebaiknya menyediakan masakan sehat di rumah agar anak tidak perlu jajan di luar. Karena makanan di luar rumah tidak dapat kita pastikan kebersihan dan keseimbangan gizinya. Makanan di rumah dapat lebih mudah kita kontrol masalah kebersihannya, bahan-bahan segar, dan bebas pengawet. Tidak semua makanan di luar rumah itu tidak sehat, tetapi untuk makanan di luar rumah, ada banyak sekali hal yang tidak dapat kita ketahui seperti kesegaran bahan, kebersihan makanan, cara pengolahan, zat pengawet, dan kualitas secara umum.

Berikan anak waktu istirahat yang cukup

Berikutnya cara agar anak tidak mudah sakit adalah tidur cukup. Tidur adalah hal penting bagi anak karena tidur dapat membantu mengatur metabolisme dan merupakan salah satu kebutuhan dasar.
Setelah beraktivitas seharian tentu sangat melelahkan bagi anak. Anak perlu istirahat yang cukup untuk memulihkan stamina fisik dan otak. Secara umum anak memerlukan jam istirahat yang lebih panjang dibandingkan dengan orang dewasa.

Buat kegiatan olahraga sambil bermain

Seperti kita ketahui bersama bahwa tubuh memerlukan olahraga. Namun, olahraga ini dapat menjadi hal yang menyenangkan jika kita siasati dengan sambil bermain, misal bermain bola, berlari kecil, petak umpet, bermain air, atau olahraga ringan lainnya yang menyenangkan dan menyehatkan. Anak zaman sekarang rentan kekurangan aktivitas fisik karena mereka lebih  asyik dengan  bermain gadget sehingga kurang bergerak yang dapat meningkatkan risiko obesitas dan gangguan kesehatan lainnya. Berolahraga sangat penting agar anak menjadi lebih bugar, sehat, kuat, dan ceria.
Beberapa ide tambahan untuk kegiatan di luar rumah untuk anak

1. Berolahraga bersama anak
2. Daftarkan anak ikut ekstrakulikuler olahraga
3. Bermain di luar rumah dengan teman sebaya
4. Batasi waktu untuk teknologi5. Buat rencana akhir pekan

Jauhkan anak dari hal yang berbahaya dan mengganggu kesehatan

Berikut adalah hal yang perlu dijauhkan dari jangkauan anak, atau hal yang perlu dihindari.

  1. Jauhkan Bahan Berbahaya
  2. Hindari asap rokok
  3. Hindari kontak langsung dengan orang sakit
  4. Jauhkan dari  sumber penyakit


Jaga Kebersihan Diri Anak

Jaga agar tangan tetap bersih
Mencuci tangan secara teratur akan membantu menghilangkan kuman yang dapat menyebabkan anak sakit.

Menggosok Gigi Setiap Hari
Kebiasaan seperti rutin menggosok gigi akan menghindarkan anak dari sakit gigi dan kerusakan gigi. 

Mandi
Mandi dapat membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri yang menempel. 


Memotong Kuku
Biasakan memotong kuku anak, atau mengajari anak memotong kuku pada saat dia telah cukup umur. 



Demikian artikel ini untuk lebih lanjut klik disini


Playgroup Tk Tadika Puri

  




Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar