Cara Menjadi Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa

Berbagi :
5 Cara Menjadi Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa


     Menjadi guru yang Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa memang menjadi harapan sebagian besar guru-guru, untuk menjadi guru yang menyenangkan bagi anak didiknya  seorang guru harus menguasai berbagai keterampilan, seperti keterampilan sosial yakni bagaimana seorangguru dalam melakukan interaksi dengan anak didiknya dan bagaimana pola komunikasi yang dibentuk antara seorang guru dengan siswanya, selain itu guru juga harus bisa menghadirkan ikatan emosional dengan siswanya agar pembelajaran dan pendidikan berjalan bermakna dan membuat siswa lebih menikmati proses pembelajaran.

9 Cara Menjadi Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa



    Selain keterampilan sosial untuk menjadi Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa, makaseorang guru juga harus memiliki kecerdasan intelektual agar segala ketidaktahuan siswa, kebutuhan edukasi siswa bisa terjawab dan terselesaikan melalui kemampuan dan kapabilitas gurunya.
Namun untuk menghadirkan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswabutuh manajemen kelas yang maksimal karena pada dasarnya setiap peserta didik memiliki karakter yang berbeda, sehingga guru dituntut untuk menghadirkan suatu pola pembelajaran yang bisa merangkul dan menyatukan visi misi belajar para peserta didik.

Cara menjadi guru yang menyenangkan bagi siswa


1. Guru Harus Tegas Bukan Keras

Banyak guru yang dalam mendidik siswanya menggunakan cara-cara yang keras sehingga muncul trauma dalam diri siswa jika diajar oleh guru tersebut. bentuk kekerasan yang biasanya dilakukan oleh sebagian guru seperti mencubit siswa, memukul, menghardik dengan kata-kata yang tidak baik.


2. Lemah Lembut Dalam Mengajar dam Mendidik Siswa

Siswa adalah pribadi yang memiliki kepekaan hati, sekali saja siswa dimarahi maka bisa jadi akan sangat sulit dilupakan oleh karena itu guru harus meminimalisir berbagai hal yang berpotensi menyababkan siswa mengalami down dalam pembelajaran.

3. Menjadi Guru Teladan
Untuk menjadi guru yang menyenangkan bagi siswa seorang guru harus menjadi contoh bagi siswanya atau menjadi teladan bagi siswa, tidak hanya menjadi guru yang mengarahkan dan mengajarkan teori namun lebih dari itu guru harus tampil sebagai suri tauladan sehingga siswa bisa meniru perilaku gurunya. misalkan ketika meminta muridnya disiplin maka gurulah yang harus menunjukan perilaku disiplin terlebih dahulu, ketika guru meminta siswanya datang tepat waktu ke sekolah maka seorang gurulah harus memberi contoh kepada siswanya dengan tidak datang terlambat kesekolah. 

4. Guru harus mampu memposisikan dirinya dalam banyak situasi

Peran guru di sekolah sangat sentral jadi tak heran jika sebagian orang mengatakan bahwa guru adalah orang tua kedua bagi siswa.

5. Guru Harus Inovatif dan Kreatif

Hal yang cukup sulit untuk dijaga dalam proses pembelajaran adalah semangat dan motivasi belajar siswa, apalagi ketika kondisi pembelajaran yang kurang kondusif seperti cuaca yang panas, sarana dan prasaranpendidikan yang kurang memadai



untuk info lebih lanjut klik link disini







LPGTK - Tadika Puri


  




#lembagapendidikangurutk
#tadikapuri
#gurutkindonesia
#tadikapurithebest
#sekolahgurutkterbaik
#gurutktadikapuri

#Lpgtktadikapuri

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar