Kelemahan dan Kelebihan Teknik Diskusi

Berbagi :
Kelemahan dan Kelebihan Teknik Diskusi
  1. Teknik Diskusi
Teknik diskusi adalah salah satu teknik belajar mengajar yang dilakukan oleh seorang guru di sekolah, yang dimana di dalam teknik ini terjadi proses interaksi antara dua atau lebih individu yang terlibat, saling tukar menukar pengalaman, informasi, memecahkan masalah, dapat juga semuanya aktif tidak ada yang pasif sebagai pendengar.

Kelebihan dari Teknik diskusi seperti :
  1. Kelas dibagi dalam beberapa kelompok.
  2. Dapat mempertinggi partisipasi siswa secara individual.
  3. Dapat mempertinggi kegiatan kelas sebagai keseluruhan dan kesatuan.
  4. Rasa sosial mereka dapat dikembangkan, karena bisa saling membantu dalam memecahkan soal, mendorong rasa kesatuan.
  5. Memberi kemungkinan untuk saling mengemukakan pendapat.
  6. Merupakan pendekatan yang demokratis.
  7. Memperluas pandangan.
  8. Menghayati kepemimpinan bersama-sama.
  9. Membantu mengembangkan kepemimpinan.
Kelemahan dari Teknik diskusi seperti :
  1. Kadang-kadang bisa terjadi adanya pandangan dari berbagai sudut bagi masalah yang dipecahkan, bahkan mungkin pembicaraan menjadi menyimpang, sehingga memerlukan waktu yang panjang.
  2. Dalam diskusi menghendaki pembuktian logis, yang tidak terlepas dari fakta-fakta, dan tidak merupakan jawaban yang hanya dugaan atau coba-coba saja.
  3. Tidak dapat dipakai pada kelompok yang besar.
  4. Peserta mendapat informasi yang terbatas.
  5. Mungkin dikuasai orang-orang yang suka berbicara.
  6. Biasanya orang menghendaki pendekatan yang lebih formal.
Tujuan penggunaan teknik diskusi yaitu :
  1. Dengan diskusi siswa didorong menggunakan pengetahuan dan pengalamannya untuk memecahkan masalah, tanpa selalu bergantung pada pendapat orang lain.Mungkin ada perbedaan segi pandangan, sehingga memberi jawaban yang berbeda. Hal itu tidak menjadi soal, asal pendapat itu logis dan mendekati kebenaran. Jadi siswa dilatih berpikir dan memecahkan masalah sendiri.
  2. Siswa mampu menyatakan pendapatnya secara kisan, karena hal itu perlu untuk melatih kehidupan yang demokratis. Dengan demikian siswa melatih diri untuk menyatakan pendapatnya sendiri secara lisan tentang suatu masalah bersama.
  3. Diskusi memberi kemungkinan pada siswa untuk belajar berpartisipasi dalam pembicaraan untuk memecahkan suatu masalah bersama.


LPGTK - Tadika Puri

  

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar