manfaat anak bermain congklak

Berbagi :
Congklak

Congklak merupakan permainan tradisional yang digemari anak-anak, khususnya wanita. Permainan ini biasanya dilakukan oleh dua orang pemain. 

Alat yang digunakan adalah biji yang biasanya terbuat dari kerang dan papan yang memiliki 14 lobang yang biasa disebut dengan kampung dan 2 lobang induk berukuran lebih besar yang berada di setiap  ujung papan. Lobang ini disebut dengan rumah. Manfaat bermain congklak :

  1. Melatih kemampuan motorik halus. Kemampuan motorik halus diuji saat pemain memegang biji congklak sambil menaruhnya satu persatu ke dalam lobang. Dengan seringnya melatih kemampuan motorik halus ini, anak jadi mahir memegang alat tulis sehingga anak dapat menulis dengan baik.
  2. Menguji kesabaran. Untuk dapat menenangkan permainan ini dibutuhkan ekstra kesabaran serta ketelitian ketika pemain meletakkan biji ke dalam lobang. Jika pemain tidak teliti dan tidak sabar, biji-biji tersebut bisa berjatuhan di tempat yang bukan seharusnya. Permainan pun tidak berjalan dengan baik. Selain itu diperlukan juga kemampuan untuk menerima kekalahan karena permainan ini hanya dilakukan oleh dua orang sehingga pemenangnya hanya satu orang. 

Banyak permainan anak tradisonal yang bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik, meningkatkan kerja otak, melatih kesabaran anak, serta menumbuhkan hubungan sosial diantara anak. Oleh karena itu, mulai sekarang kurangi permainan anak yang berbasis pada gadget, kenalkan anak-anak pada permainan tradisional.

bila inginn tau lebih dalam bisa klik disini.

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar