manfaat anak bermain petak umpet

Berbagi :
 Petak Umpet

Petak umpet merupakan salah satu permainan tradisional untuk anak-anak yang sangat populer. Untuk dapat memainkan permainan ini dibutuhkan minimal dua orang, namun semakin banyak pemain, akan semakin seru. Permainan ini diawali dengan hompimpa untuk menentukan siapa yang akan menjadi penjaga benteng. 

Si penjaga ini nantinya akan menutup mata menghadap ke benteng sambil menghitung, bisa sampai 10, 20, atau tergantung kesepakatan. Sementara itu pemain yang lain segera mencari tempat persembunyian. Manfaat bermain petak umpet :

  1. Melatih kemampuan dalam menghitung. Dengan bermainan petak umpet anak jadi pandai berhitung karena dalam permainan ini penjaga benteng akan berhitung sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan.
  2. Mengasah ketelitian dan kepekaan. Penjaga dapat melatih ketelitian dan kepekaannya dengan cara mengamati gerak-gerik teman-temannya dan tempat yang mereka jadikan sebagai tempat persembunyian. Mereka juga terlatih untuk ketelitian dalam mencari tempat persembunyian. Pemain tentu akan memilih tempat persembunyian yang aman dan tidak mudah dilihat oleh penjaga benteng.
  3. Menjaga kesehatan. Dalam permainan petak umpet, penjaga benteng harus menemukan tempat persembunyian teman-teman mereka, dan berlomba-lomba mencapai benteng sambil memukul benteng. Siapa yang memukul benteng terlebih dahulu, dia yang menang. Dengan permainan ini, anak akan lebih aktif bergerak sehingga lebih terhindar dari penyakit dan obesitas.
  4. Meningkatkan kesabaran dan daya ingat. Ketika mencari teman-temannya yang sedang bersembunyi, penjaga benteng harus sabar. Jika kalah, ia perlu bersabar kembali karena harus mengulang permainan tersebut. Dalam permainan ini juga diuji daya ingat karena ketika menemukan temannya yang bersembunyi, penjaga harus berlari menuju benteng dan memukul benteng sembari menyebut nama pemain.
bila ingin tau lebih dalam bisa klik disini.

Playgroup Tk Tadika Puri

  

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar