Manfaat Bermain Peran Bagi Anak

Berbagi :

Pertama, menumbuhkan kreatifitas. Ketika anak bermain peran, anak akan berpikir apa yang harus dilakukan dalam menjalankan peranannya. Ada yang sebagai ibu, maka ia akan membuat sesuatu yang berkaitan dengan tugasnya. Misalnya masak-masakan, mengerjakan tugas rumahan menyapu dan sebagainya dengan berbagai alat dan atribut untuk memantaskan peranannya. Begitu juga dengan yang berperan menjadi anak, guru, dokter, dan pedagang.
Dengan peranan tersebut anak akan bepikir kreatif dan imajinatif untuk memenuhi perlengkapan peranannya meski dengan peralatan seadanya dan mengarang menjadikan sesuatu untuk menjadi alat tugas peranannya.
Kedua, mengerti tugas. Setelah anak melengkapi atribut perananya anak akan bertugas sesuai dengan peranannya. Akan secara tidak langsung akan mengerti tugasnya masing-masing. Seorang guru akan mengajar, anak akan kesekolah, dokter akan mengobati dan penjual akan menjajahkan dagangannya. Secara luas anak akan mengerti tugas laki-laki dan perempuan itu berbeda. Hal ini akan tertanam pada diri anak tugas-tugas yang harus dia emban setelah dewasa.   
Ketiga, menumbuhkan tanggung jawab. Setelah anak mengerti tugas peranannya anak selanjutnya akan belajar tanggung jawab. Misalnya seorang ayah bertugas mencari uang atau nafkah untuk keluarga, pedagang menyediakan kebutuhan pokok dan melayani pembeli, dokter merawat dan melayani pasiennya dan guru bertanggung jawab pada anak didiknya. Sehingga rasa tanggung jawab anak tersebut akan tumbuh sesuai dengan peranannya.  
Keempat, melatih bersosialisasi. Dengan bermain peran ini anak akan berlatih bersosialisasi dengan masyarakat. Dari cara mereka bertamu ke tetangga dengan unggah ungguh selayaknya orang dewasa seperti mengucap salam dan memberi suguhan kepada tamu. Berbagai interaksi antar peran baik dokter, guru, siswa, pedagang dan sebagainya sesuai peran yang mereka perankan. Karenanya secara tidak langsung anak-anak tersebut sebenarnya sedang belajar bersosialisasi dimasyarakat yang sebenarnya dengan beragam peran mereka. (Laelatul Istiqomah, mahasiswa IAIN purwokerto dan relawan di Rumah Kreatif Wadas Kelir)
Bila ingin lebih tau dalam tentang ini bisa klik disinih.

Playgroup Tk Tadika Puri

  

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar