MANFAAT MAZE / PAPAN ALUR

Berbagi :

Maze pada awalnya untuk permainan dalam melatih strategi atau melatih mencari jalan keluar banyak sekali penerapannya hingga dalam dunia dunia edukatif digunakan juga sebagai alat bantu belajar anak. Dan untuk permainan ini termasuk item klasik yang menjadi wajib untuk disiapkan disetiap sekolah.Maze adalah mainan yang mengajarkan untuk mencari solusi, menyamakan dan melatih kesabaran.Mainan berupa papan ini masih sangat diminati, cocok untuk anak laki laki atau anak perempuan mulai dari anak 3 tahun sampai 6 tahun. 
Maze yang paling sederhana bisa berupa ball knob atau shapes knob yang dipasang pada alur-alur papan, fungsinya untuk menelusur alur tersebut dan mencari jejak (mengelompokkan bentuk/warna knob).
Adapula maze yang memilki alur-alur membentuk angka atau huruf, yang ditujukan agar anak bisa melajar menulis angka atau huruf dengan cara menjalankan knob mengikuti alur yang dibuat. Atau adapula maze mencari jejak yang dibuat agar anak dapat mengelompokkan pasangan knob dengan tujuannya (misal : anak ayam dengan induknya, ikan dengan kolamnya, dll).
Secara ide pembuatannya, banyak kegunaan mainan maze (papan alur) yang sama dengan wire game. Namun maze memilki penampilan yang bermacam-macam hingga memperkaya pula kegunaan edukatifnya.
Manfaat mainan tipe maze/papan alur secara umum adalah:
- Melatih kesabaran
- Mencari solusi dan mempelajari warna dan bentuk bentuk
- Melatih kemampuan klasifikasi.(pengelompokan)
- Melatih motorik halus
- Melatih alur berpikir logis
- Prewriting, untuk melatih tangan anak menjadi lentur.
Tangan anak yang lentur sangat berguna saat anak mulai belajar menulis kelak

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar