Manfaat Sepakbola Bagi Tumbuh Kembang Anak

Berbagi :
      
      1. Mendukung Pertumbuhan Fisik

Sepakbola merupakan kegiatan olah fisik yang cukup menyenangkan bagi kebanyakan anak-anak. Dengan bermain sepakbola secara rutin, maka mampu meningkatkan  kemampuan motorik anak yang juga bermanfaat untuk tumbuh kembang mereka secara keseluruhan.
Tak hanya itu gerakan seperti menendang, melompat, berjalan mundur dan berlari mengelilingi lapangan akan memberikan manfaat pada kaki dan tubuh bagian atas untuk mengembangkan kelincahan dan fleksibilitasnya.
Secara tidak sadar dengan bermain sepakbola secara rutin, anak-anak telah membangun, membentuk dan memperkuat otot-otot kaki, paha, perut, dan dada dengan cara yang sangat baik. Secara nyata dengan bermain sepakbola sangat membantu mendukung pertumbuhan fisik anak-anak.
       2Meningkatkan memori & Kecerdasan
Perasaan senang yang muncul karena bermain sepakbola bagi anak-anak, khususnya pada usia dini akan merangsang peningkatan produksi hormon endorfin dalam otak, sehingga dapat memicu kreativitas dan kecerdasannya secara optimal.
Selain itu, olahraga juga akan membantu BDNF (Brain Derived Neurotropic Factor) dalam otak untuk merangsang pertumbuhan sel-sel otak sehingga membuat kinerjanya menjadi lebih maksimal.
Tak hanya itu dengan mengeluarkan banyak keringat saat atau setelah bermain bola, maka produktifitas hippocampus akan meningkat, bagian otak ini berfungsi untuk meningkatkan memori. Dengan begitu olahraga sepakbola sangat baik khususnya bagi  anak-anak untuk meningkatkan kemampuan memori, kecerdasan dan perkembangan otak mereka.
       3Melatih emosi anak
Sepak bola mengajarkan bagaimana kedua tim bermain untuk mendapatkan kemenangan namun tetap mengedepankan azas fair play. Dikarenakan Pengendalian emosi dalam pertandingan olahraga seringkali menjadi faktor penentu kemenangan.
Dilapangan sepak bola melatih anak menahan diri, terkadang anak sudah merasa memberikan kemampuan maksimalnya saat bermain bola, namun adakalanya gol atau kemenangan yang diharapkan belum terjadi, di sinilah kesabaran anak terlatih. Dengan hal ini sepakbola mengajarkan anak agar lebih  dapat mengontrol emosinya.
       4Mengajarkan koordinasi dan berpikir Anak
Lewat permainan sepakbola anak akan dipaksa berfikir untuk memahami dan menentukan strategi, serta bertindak dalam mengambil keputusan secara cepat dan terarah.
Maka dengan bermain sepakbola secara tidak langsung anak juga dituntut untuk belajar mencari peluang mencetak gol dan menghasilkan kemenangan dengan mengkoordinasikan gerak tubuh dan pikirannya secara optimal
       5Melatih Konsentrasi dan Fokus anak
Dalam sepakbola konsentrasi sangat penting peranannya. Konsentrasi pada anak sendiri merupakan suatu keadaan di mana kesadaran anak tertuju kepada suatu obyek tertentu dalam waktu tertentu. Semakin baik konsentrasi anak saat bermain sepakbola, secara tidak sadar anak melatih daya konsentrasinya.

    Untuk menentukan akurasi tendangan yang akurat anak juga diharuskan untuk bisa berkonsentrasi dan fokus terhadap langkah yang akan diambilnya. Maka  tak heran jika diluar sana banyak anak yang berprestasi di bidang olahraga sepakbola, namun juga fokus pada pelajarannya bahkan memiliki nilai akademis yang membanggakan.
    bila ingin tau lebih dalam bisa klik disini.

    Playgroup Tk Tadika Puri

      

    Daftar Isi [Tutup]

      Lebih baru
      Lebih lama

      0 Komentar

      Posting Komentar