Tips Membuat Anak Bisa Membaca di Usia 4 Tahunan

Berbagi :

Pendidikan pada anak balita atau batita, harus memenuhi sifat-sifat:
Syarat pertama adalah tidak boleh pasang target karena target akan membebani anak dan membuat stress (Nah kalau ada TK yang mematok anak harus bisa baca ketika selesai TK) ini baru bisa jadi masalah, nanti anak dibebani. Peraturan pemerintah harus menyentuh unsur ini: tidak boleh memaksakan tapi bukan unsur:tidak boleh mengajarkan.
Syarat Kedua adalah bersifat alami. Kita harus sekreatif mungkin membangun atmosfir pendidikan, seolah-olah anak tidak dalam suasana belajar. Ketika kita ngobrol dengan anak sebenarnya itu adalah pelajaran bahasa, ketika kita menonton program TV anak sebenarnya kita sedang mengajar anak sesuai materi TV-nya.
Syarat Ketiga adalah bersifat fun. Bagi anak bermain adalah belajar, jadi kita harus sekreatif mungkin menemukan cara agar anak-anak bisa bermain, having fun, padahal mereka tanpasa sadar sedang belajar
Jika orang tua ingin meningkatkan kecerdasan otak anak dan kecerdasan bahasa, maka ini yang harus dilakukan:

1. Selalu berbicara pada anak (sekalipun mereka belum bisa merespon tapi otaknya menyerap).

2. Setiap kali kita melakukan sesuatu pada bayi terangkan selalu hal yang berkaitan dengan tindakan kita tersebut. Jadikan itu semacam kurikulum bebas, variatif dan tidak mengikat. (terangkan kenapa mereka harus mandi, terangkan kenapa mereka pakai sabun, terangkan kenapa kita pakai pampers, terangkan kenapa harus minum susu, makan, dsb).
Setiap kata baru akan merangsang pertumbuhan fungsi otak, dan menambah kecerdasan bahasa.
3. Pilih topik yang berbeda beda (Misalnya ketika makan hari ini kita bicara tentang kenapa makan, besok bicara tentang makananya, besoknya bicara tentang piring, dsb)
4. Jangan pilih kata-kata sederhana (Seringkali kita menganggap remeh anak-anak sehingga selalu berusaha berbicara dengan bahasa sederhana, kalau saya anjurkan bicara saja seperti biasa, gunakan kata-kata yang rumit sekalipun, nanti mereka akan menyesuaikan
5. Menyanyi juga membantu meningkatkan kemampuan bahasa sekaligus jiwa seni anak.

Semua prpgram di atas akan meingkatkan kemampuan bahasa dan meningkatkan kecerdasan otak anak secara luar biasa.
Bagi yang ingin dalam tentang ini klik disinih

Playgroup Tk Tadika Puri

  

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar