Tips Memilih Sekolah Taman Kanak-Kanak

6 Tips Memilih Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Yang Tepat Untuk Anak

       Anak akan banyak belajar dan mampu menerima banyak pelajaran. Walaupun sebenarnya esensi pelajaran di TK masih sama dengan di PAUD atau Playgroup, tetapi di TK akan mulai mengajarkan tentang menulis, membaca, dan menghafal dasar yang sederhana.Anak TK akan disibukkan dengan main-main setiap hari. Namun juga sudah diselingi dengan kegiatan belajar di dalam kelas. Anak TK akan diperkenalkan bagaimana cara belajar di sekolah, sehingga saat sudah masuk SD, anak tidak kaget lagi.
6 tips memilih sekolah Taman Kanak-Kanak
1. Mempertimbangkan kualitas SDM sekolah

Hal ini akan berkaitan dengan kualitas guru. Apakah guru-guru TK yang kita pilih tersebut berkompeten atau tidak. Pastikan sudah sesuai dengan jurusannya, sebagai guru PAUD, sehingga akan benar-benar mengantarkan pembelajaran yang bagus dan berkualitas untuk anak. 
2. Orangtua sebaiknya memilih sekolah 

Taman Kanak-Kanak yang lokasinya tidak jauh dari rumah. Ini adalah alasan mengapa di setiap desa atau wilayah atau lingkungan penduduk selalu ada TK. Untuk memudahkan orangtua dalam menyekolahkan anaknya di TK. Tidak perlu memilih TK yang terlalu jauh, karena akan membuat anak kecapekan.
3. Pelajari kurikulum yang digunakan.

Kurikulum ini akan mempengaruhi kualitas anak, karena di dalamnya terdapat metode, strategi, teknik, serta materi pelajaran untuk anak. .
4. Pilih TK yang jam belajarnya singkat.
Karena masih belajar untuk menyesuaikan diri dengan kegiatan bersekolah, sebaiknya orangtua memilihkan TK yang hanya menyelenggarakan jam belajar selama 3 jam saja. Ini adalah standart waktu belajar yang ideal.
5. Pilih TK yang lingkungannya aman. 

Tidak berada di pinggir jalan raya yang tanpa gerbang, tidak banyak pedagang kaki lima, dan penjagaan yang ketat dari tim keamanan.
6. Pertimbangkan jumlah murid dalam satu kelas.

Pastikan anak tidak bersama dengan terlalu banyak murid di kelas. Normalnya, perbandingan guru dan murid dalam satu kelas adalah 1:8. Jika terlalu banyak akan membuat anak sulit konsentrasi belajar dan guru pun tidak bisa memantau satu per satu.

untuk info lebih lanjut klik link disini


LPGTK - Tadika Puri

  

#lembagapendidikangurutk
#tadikapuri
#gurutkindonesia
#tadikapurithebest
#sekolahgurutkterbaik
#gurutktadikapuri
#Lpgtktadikapuri

Previous
Next Post »
Thanks for your comment