Tugas front office di hotel

Berbagi :
Tugas front office di hotel




















Front office adalah cermin dari kualitas hotel untuk pertama kali bagi tamu saat memasuki suatu hotel, untuk itu kesiapan, kesigapan, ketepatan serta kemampuan semua karyawan di bagian front office dalam menjalankan fungsi tugas dan tanggung jawabnya sangatlah menentukan dalam memberikan impresi baik maupun kurang baik atau buruk pada para tamu hotel sebelum para tamu tersebut mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang lainnya saat mereka datang untuk menginap maupun tidak di suatu hotel.

Front office hotel merupakan salah satu bagian dari hotel yang paling penting dalam hal mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh hotel. Tujuan dari kantor depan hotel adalah sebagai berikut.

           1.meningkatkan tingakat hunian kamar serta pendapat hotel dari tahun ke tahun
           2.meningkatkan jumlah tamu langganan
           3.memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik tepat dan cepat kepada tamu
           4.membentiuk citra hotel yang fositif

Front office hotel memiliki fungsi dalam mewujudkan tujuan dari hotel, fungsi tersebut dilakukan oleh petugas front office sehari-hari, adapun fungsi-fungsi tersebut adalah.

           1.Menerima pemesanan kamar melakuakan pendaftaran tamu,memblok kamar.
           2.Memberikan informasi mengenai seluruh produk fasilitas,pelayanan dan aktivitas di                yang ada di hotel maupun di luar hotel.
           3.Melaporkan status kamar yang terkini.
           4.Mencatat,memeriksa pembayaran tamu serta menangani rekening tamu.
           5.Membuat laporan yang di butuhkan oleh hotel.

Selain mempunyai fungsi yang penting, front office juga berperan penting dalam hal pelayanan dan pencapaian tujuan hotel yakni memberikan pelayanan yang diharapkan oleh tamu, membentuk citra hotel dan pendapatan yang maksimal.

Pemberi informasi

Petugas kantor depan diharapkan mampu memberikan informasi yang jelas, benar dan cepat tentang produk, fasilitas, aktivitas, pelayanan yang ada di hotel maupun di luar hotel informasi yang diberikan tidak hanya terbatas untuk tamu tetapi informasi yang dibutuhkan oleh kolega atau teman sejawat lainnya.

Wakil manajemen

Petugas front office dalam keadaan tertentu dapat berperan sebagai wakil manajemen untuk mengatasi/menyelesaikan masalah yang timbul di luar jam kerja manajemen.

Penyimpan data

Sumber data kegiatan hotel banyak berasal dari laporan yang dibuat oleh petugas front office dan penyimpanan data tersebut juga di bagian front office, oleh sebab itu data yang dibuat dan disimpan harus selalu terkini, sehingga manajemen dapat membuat keputusan dan kebijakan yang tepat untuk masa yang akan datang.

Diplomatis

Petugas front office pada situasi dan kondisi tertentu diharapkan mampu melakukan tindakan secara diplomatis sehingga dapat menjaga hubungan yang baik dengan tamu dan pihak lain.

Pemecah masalah

Petugas front office diharapkan dapat memecahkan masalah yang dialami oleh tamu, tak terkecuali masalah yang berasal dari bagian lain.

 Humas

Petugas front office berperan secara baik, aktif dalam berhubungan dengan tamu dan masyarakat sekitar agar terjadi hubungan yang harmonis dan berdampak pada pembentukan citra hotel yang baik.

Sedemikian itulah tugas seorang front office di hotel bagi yang minat jadi seorang front office daftarkan diri anda,info lebih lanjut klik link disini 

Cruise Line And Hotel School


  




#tugasprontoffice #cruiselineandhotelschool #cruiselineindonesia #cruiselinetadikapuri #tadikapuriterbaik #cruiselineterbaik #sekolahkapalpesiar #sekolahkapalpesiarterbaik 















Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar