Wow !!! 5 TIPS MENJADI GURU YANG DISEGANI

Berbagi :

5 TIPS MENJADI GURU YANG DISEGANI

      bagaimana caranya agar menjadi guru yang disegani.karena sudah seringnya pelecehan terhadap guru yang dilakukan oleh orang tua murid, murid itu sendiri dan anggota masyarakat. Hal ini bisa jadi karena guru sekarang sudah kurang disegani atau kurang berwibawa.
beberapa cara agar membuat guru disegani :




       1. Dekat dengan Allah
Guru harus dekat kepada Allah, Salah satu wujud dekat dengan Allah adalah rajin melaksanakan ibadah baik yang wajib maupun yang sunnah. Guru yang rajin beribadah kepada Allah  akan mempunyai keistimewaan tersendiri. Hal yang pasti karena Allah akan menurunkan banyak limpahan rahmat kepada guru tersebut sehingga secara alamiah guru tersebut akan mempunyai kecerdasan dan kewibawan.

2. Dekat dengan siswa
Guru yang pintar dan banyak ilmunya harus mempunyai kemampuan menyetarakan ego sosial dengan muridnya, sehingga hubungan guru dengan siswa menjadi dekat. Kedekatan tersebut membuat ilmu yang diajarkan guru lebih mudah dipahami murid.
       
        3. Menjalin komunikasi dengan orang tua
Guru harus membangun komunikasi dengan orang tua murid. Sehingga permasalahan yang ada pada murid di sekolah bisa dikomunikasikan kepada orang tua siswa sehingga bisa dicarikan solusi bersama. Bisa jadi ada orang tua siswa menitipkan pesan lewat guru agar anaknya bisa menjadi lebih baik, sebab biasanya murid, khususnya murid SD lebih menurut dengan perintah guru daripada orang tuanya.

      4. Tegas dan berani 
Guru harus tegas dan berani menghukum yang salah agar proses pendidikan bisa berjalan dengan baik. Hukuman yang diberikan adalah hukuman mendidik yang memberikan efek jera. Sehingga ketika di kehidupan nyata di masyarakat, murid tersebut tidak melakukan kesalahan yang sama yang bisa membahayakan dirinya, keluarganya dan orang lain.

      5. Memiliki adab dan akhlak yang baik
Guru adalah sosok  yang layak digugu dan ditiru, maka guru harus mempunyai adab dan akhlak yang baik sehingga layak untuk digugu dan ditiru muridnya. Adab dan akhlak  yang  baik akan membuat guru tersebut disegani oleh muridnya, orang tua murid dan anggota masyarakat.




LPGTK - Tadika Puri

  

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar