10 Cara Mendidik Anak Usia 4 Tahun Agar Cerdas dan Mandiri

Berbagi :







Setiap pasangan yang sudah dikaruniai buah hati tentu menginginkan buah hati mereka tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu Anda dan pasangan Anda tentu juga ingin memiliki anak yang cerdas dan pandai. Tenryata seorang anak yang pandai dan cerdas itu tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetiknya melainkan juga dipengaruhi oleh cara mendidik orangtuanya. Jika Anda ingin memiliki anak yang baik, pandai, dan cerdas tentunya Anda juga harus mendidiknya dengan baik bukan? Cara mendidik orangtua adalah cara yang paling penting untuknya. Untuk itu Anda yang memiliki anak usia 4 tahun sebaiknya mulailah mendidik anak dengan benar, berikut adalah cara mendidik anak usia 4 tahun agar cerdas dari kami yang bisa Anda terapkan di rumah. Simak baik-baik ya bunda…
  1. Dampingi anak menonton televisi
Jaman semakin berkembang, berbagai macam jenis tontonan bisa kita akses melalui media apa saja terutama televisi. Ketika anak Anda berusia 4 tahun tentu mereka sudah tahu yang namanya televisi dan bahkan bisa mengoperasikannya dengan baik. Sajian yang ada di televisi tidak semuanya baik untuk anak kecil, ada rentang usianya juga. Oleh karena itu ketika anak menonton televisi dampingi dia supaya Anda tahu apa yang ditonton itu aman atau tidak baginya.
  1. Belajar musik
Menurut beberapa penelitian di Amerika, menyatakan jika anak yang mengikuti les musik atau belajar musik memiliki kemampuan kognitif yang lebih daripada anak yang tidak. Oleh karena itu jika Anda ingin anak Anda cerdas, Anda bisa memberinya les musik. Yang terpenting jangan pernah memaksanya ya, tanyakan saja apa musik yang ingin ia pelajari. Dengan begitu ia tidak akan merasa tertekan dan merasa senang menjalankannya.
  1. Berikan makanan yang sehat dan memiliki kandungan gizi tinggi
Tidak hanya didikan orangtua saja, makanan juga mengambil andil dalam membantu perkembangan otak si kecil. Karena anak usia 4 tahun masih dalam masa pertumbuhan, tentu saja Anda harus memberinya makanan yang bisa memacu kecerdasan pada otaknya. Anda bisa memberikannya makanan sehat seperti buah, sayuran, serta makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan-ikanan laut yang baik untuk memacu kecerdasan otaknya.
  1. Batasi main gadget
Jaman sekarang semuanya semakin canggih, bahkan anak-anak bisa memainkan gadget di usianya yang masih belia tanpa perlu diajari. Banyak orangtua yang memberi mereka gadget di usia mereka yang masih kecil. Sebaiknya hindari itu, memberi gadget pada anak hanya membuatnya malas. Pinjamkan gadget dengan durasi yang jarang dan pendek supaya dia tidak terlalu ketergantungan gadget
  1. Suruh dia main di luar rumah
Ketika banyak orangtua yang melarang anakya main diluar rumah karena takut terhadap banyak hal. Jika Anda ingin anak Anda menjadi cerdas suruh ia bermain diluar rumah, misalnya di pekarangan Anda. Dengan begitu dia belajar banyak hal dan memacunya untuk selalu bertanya, yang penting selalu awasi dia ketika bermain ya.
  1. Biarkan dia bermain bersama teman sebayanya
Langkah yang selanjutnya adalah biarkan anak Anda untuk bermain bersama teman sebayanya. Biarkan dia bermain dengan teman sekolah atau tetangganya yang usianya sama dengannya. Dengan begitu si kecil akan berlatih bersosialisasi dengan teman sebayanya. Ini juga bisa menjadi cara agar anak pandai berbicara dan sosialisasi.
  1. Belikan mainan yang edukatif
Anak usia 4 tahun tentunya masih menyukai hal-hal yang berbau dengan dunia mainan. Wajar jika mereka seperti itu, mereka masih anak kecil. Tidak ada salahnya Anda membelikan anak Anda mainan, namun jika Anda menginginkan anak Anda menjadi anak yang cerdas. Anda bisa membelikannya mainan edukatif yang bisa mengasah kemampuan otaknya seperti puzzle, dan mainan sejenis itu. 
  1. Kasih sayang keluarga
Hal penting yang selanjutnya adalah dengan memberinya kasih sayang pada anak. Mungkin banyak sekali orangtua yang sibuk dengan pekerjaan mereka dan meninggalkan anak mereka di rumah bersama pengasuh. Hal itu bisa mempengaruhi kondisi psikologis dan kecerdasannya. Oleh karena itu sebaiknya Anda berikan waktu luang dan kasih sayang untuknya. 
  1. Disiplinkan waktu tidurnya
Tidur merupakan salah satu hal penting dalam tumbuh kembang sang anak, jika Anda ingin memiliki anak yang cerdas buatlah anak memiliki tidur yang cukup setiap harinya. Jangan biarkan anak tidur larut malam karena asik bermain, tidur terlalu malam untuk anak ternyata memiliki dampak pada kecerdasannya yaitu bisa membuatnya sulit konsentrasi dan ingatan yang tidak begitu baik
10. Ajak sesekali berlibur
Yang selanjutnya adalah ajak anak untuk sesekali berlibur bersama keluarga. Tentu dia juga merasa bosan jika harus di rumah terus, Anda bisa meluangkan waktu bersama pasangan Anda untuk mengajaknya liburan ke tempat wisata edukatif. Anda bisa mengajaknya ke kebun binatang atau ke tempat wisata edukatif lainnya. Selain anak mendapat hiburan, ia juga mendapatkan informasi baru yang baik untuk kecerdasannya. 

Jangan lupa kunjungi link kami di bawah ini

Playgroup Tk Tadika Puri

  

    Daftar Isi [Tutup]

      Lebih baru
      Lebih lama

      0 Komentar

      Posting Komentar