5 SAYURAN YANG BAIK UNTUK ANAK

Berbagi :

Mau Si Kecil Tumbuh Sehat? Yuk, Biasakan Konsumsi Sayur!




Dalam masa pertumbuhannya, Si Kecil membutuhkan asupan makanan yang bergizi seimbang. Salah satunya adalah sayuran. Oleh sebab itu, Bunda perlu menyajikan menu sayur untuk anak setiap hari supaya kebutuhan gizinya tercukupi.

Kenapa Si Kecil Perlu Konsumsi Sayur Setiap Hari?

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia merekomendasikan anak 1-5 tahun  mengonsumsi sekitar 300-400 gram sayur dan buah per hari. Asupan ini perlu tercukupi setiap harinya Bunda, karena sayur dan buah merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan. Gunanya untuk mencegah kerusakan sel, membantu menurunkan risiko obesitas dan sulit buang air besar (sembelit), serta mendukung perlindungan tubuh dari infeksi penyakit. 

Pentingnya konsumsi sayur dan buah bagi Si Kecil juga diungkapkan oleh peneliti dari Ohio State University, Amerika Serikat. Pola makan sehat ini dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi Si Kecil dan menjaga kondisi tubuhnya senantiasa sehat.

Ragam Sayuran untuk Si Kecil

Membiasakan konsumsi sayur untuk anak 1 tahun ke atas, bisa jadi hal yang menantang. Kadang ia menolak untuk melahapnya, karena rasanya yang cenderung hambar atau pahit di lidah. Untuk itu, sebaiknya Bunda membuatkan beragam kreasi menu sayur untuk Si Kecil. Berikut ini adalah beberapa jenis sayur yang bisa Bunda masukkan ke dalam hidangan sayur Si Kecil:

1. Wortel

Sayuran berwarna jingga ini merupakan salah satu sumber vitamin A. Gunanya untuk mendukung kesehatan mata Si Kecil. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin C  yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil.

2. Brokoli

Ini salah satu sayuran hijau yang biasa dikenalkan kepada Si Kecil ketika ia menginjak usia 8-10 bulan sebagai salah satu menu finger food yang sehat. Brokoli tinggi kandungan serat dan vitamin C, sehingga dapat mendukung kesehatan saluran cerna Si Kecil dan mendukung perlindungan kesehatannya.

3. Kembang Kol

Ahli nutrisi dari lembaga nonprofit Academy of Nutrition and Dietetics, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa kembang kol adalah salah satu sumber vitamin K yang baik untuk Si Kecil. Manfaatnya, untuk mendukung pertumbuhan tulang. 

4. Terong

Sayuran yang satu ini mengandung vitamin A, B6, dan B9 (folat). Folat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan putih, juga mengubah karbohidrat menjadi energi bagi Si Kecil.

5. Bayam

Ini juga salah satu jenis sayur yang dikenal dapat mendukung kesehatan indra penglihatan Si Kecil. Berdasarkan info yang dipublikasikan oleh Dairy Council of California, bayam mengandung lutein dan zeaxanthin yang dapat menjaga mata senantiasa sehat.

Tips Mengolah Menu Sayur untuk Anak 

Cara penyajian makanan ternyata dapat memengaruhi kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Untuk itu, Bunda disarankan mengolah sayur dengan cara ditumis, dikukus, atau dipanggang. Dengan begitu, Si Kecil bisa mendapatkan manfaat optimal dari sayuran yang dikonsumsinya.

Nah, semua jenis sayuran tentu memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan Si Kecil. Jadi, pastikan ia melahap beragam menu sayur untuk anak setiap hari, ya Bunda.

Demikian artikel ini untuk info lebih lanjut bisa klik disini


#Makanansehat#minumansehat#pertumbuhananak#perkembangananak
#giziianak#makanananak




Playgroup Tk Tadika Puri

  

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar