Cara Melatih Fokus Anak Autis

Berbagi :


Image result for melatih fokus anak autis



Agar bisa melatih anak yang memiliki gangguan autisme ini memang dibutuhkan berbagai cara dan juga penanganan agar nantinya anak bisa lebih fokus dalam melakukan berbagai hal diantaranya:
  1. Melakukan terapi okupasi
Terapi okupasi ini bisa membantu anak dalam melakukan gerakan-gerakan motorik yang halus, karena umumnya anka-anak yang memiliki gangguan autisme ini memailiki otot- otot yang kaku dan juga kasar dalam pergerakannya, untuk itu anda juga bisa mengajarkan terapi tesebut, agar nantinya ank bisa terlatih sendiri seperti memgang pinsil, memegang mainan dna juga bisa melatih anak bisa fokus.
2. Dengan menggunakan pancingan
Cara ini juga biasanya cukup ampuh untuk melatih cara meningkatkan fokus pada anak anak autis, dimana dengan memancing kesukaan anak, misalnya agar anak tertarik atau terpancing anda bisa menyusuhnya melihat atau memangil namanya sambil memebrikan mainan kesukaan anak, dan kemudian mengarahkan matanya ada mata anda, lakukan hal ini secara terus menerus dan berulang smaai akhirnya anak terlatih dengan sendirinya.
3. Melatih dengan bunyi-bunyian
Anda juga bisa melatih fokus anak dengan memberikan bunyi-bunyian, agar nantinya dengan sendirinya dia akan terpancing pada bunyi-bunyian yang kita bawa, sehingga anak bisa dan mau mendengarkan apa yang kita ucapkan.
4. Memberikan reward
Saat anak sudah biasa dan bisa langsung melakukan kontak mata sata nda memanggilnya, berikan reward pada anak, sehingga natinya anak akan merasa temotivasi dan belajar dengan sednirinya secara terus menerus, anda juga bisa menggunakan mainan yang disukai oleh anak tersebut sbeagi pancingan nantinya.
5. Dengan melakukan terapi visual

Sebenarnya pada ank yang mmeiliki gangguan autisme seperti ini bukan berarti anak tersebut sangat sulit belajar, karena malah biasanya anak ii akan jauh lebih mudah untuk melakukan pembelajaran dengan cara melihat terlebih dahulu, untuk itu agar bisa meningkatkan fokus pada anak autisme, sebaiknya berikan pembelajaran menggunakan terapi visual, mislanya saat belajar menggunakan video atau gambar, sheingga ank menyukainya.
6. Melakukan terapi musik
Musik juga bisa mmebantu anak autisme dalam mengatur emosi dan juga psikologis yang dimilikinya, sehingga nnatinya anak akan lebih mudah untuk melakukan fokus terhadap pandangan dan belajar mengenai konsentrasi yang harus dilakukannya. sehingga secara perlahan konsentrasi dan fokus anak pun akan mengalami peningkatan.
7. Selalu memangil anak dengan namanya sendiri
Pada anak anak autisme seperti ini sebaiknya dilakukan terapi juga untk selalu memanggil anak dnegan namaya sedniri, sehingga nantinya anak akan terlatih menggunakan fokus pada dirinya sendiri dan akan lebih mudah untuk berkonsentrasi menggunakan indra yang dimilikinya.
8. Melakukan terapi fisik
Terapi fisik juga bisa dilakukan agar anak bisa mengelola konsentarsi yang dimilikinya, karen aumumnya ank anak autisme ini memiliki ketelambatan pada motoriknya, sehingga harus diberi stimulan dengan melakukan terapi fisik pada anak, sehingga perkembangan pada fisik anak pun menjaid baik
9. Dengan melakukan terapi perkembangan
Pada anak yang memiliki gangguan autisme, bisa juga dilakukan terapi perkembangan agar nantinya anak bisa merubah ke arah yang jauh lebih abik lagi, mislanya saka dengan melakukan rangsangan cara anak berfikir, dan melakukan berbagai interaksi, sehingag nantinya anak akan terbiasa untuk menggunakan otaknya agar lebih bisa berfikir dan juga berkonsentrasi dnegan benar.
10. memberikan terapi melalui permainan
Anak yang memiliki gangguan autis seperti ini memang umumnya seperti memiliki dunianya sendiri, sehingga anda harus mencari cara agar anak nantinya mau keluar dari dunia yang membuatnya seperti terperangkap dna sulit keluar. anda juga bisa menggunakan terapi melatih fokus ank dengan memebrikan permainan edukasi yang baik agar otaknya mampu lebh fokus, seperti memberikan permainan lego, nantinya anak akan terlatih mengembangkan daya fikirnya, dan belajar untuk bisa berinteraksi dna jauh lebih fokus

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar