Guru Menggunakan Metode Bercerita

Berbagi :

1. Metode Bercerita

     Setiap orang pasti pernah bercerita. bercerita dengan tujuan bermacam-macam. Ada yang tujuannya hanya sekedar menyampaikan informasi, ada yang tujuannya untuk menghibur dan ada yang memiliki tujuan memberikan semangat. Bercerita ternyata dapat digunakan dengan tujuan untuk belajar. Sehingga metode bercerita ini menjadi salah satu metode yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.
Pengertian Metode Bercerita
Metode cerita adalah kegiatan seseorang secara lisan untuk menyampaikan suatu hal kepada orang lain. Hal tersebut dapat berupa informasi, atau hal lain seperti dongeng yang memiliki tujuan untuk menghibur. Bercerita dapat dilakukan dengan alat bantu (media) atau tanpa bantuan alat apapun.
Di dalam kelas, metode cerita dapat diartikan sebagai kegiatan penyampaian pesan yang dilakukan secara lisan baik dari guru ke siswa, siswa ke guru dan juga dari siswa ke siswa. Jadi bercerita dalam kelas tidak hanya guru yang bercerita untuk menciptakan kelas yang berorientasi pada siswa maka memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar melakukan sendiri menjadi salah satu aspek yang paling penting.
Metode bercerita haruslah memperhatikan keutuhan isi cerita dari awal sampai akhir. Guru juga hars merencanakan isi cerita yang akan disampaikan sehingga dapat menjadi cerita yang utuh dan menarik. Metode ini sejatinya merupakan padanan dari metode ceramah hanya saja terdapat modifikasi dalam bentuk penyampaian menjadi lebih menarik .
Tujuan Metode Bercerita
Tujuan utama penggunaan metode cerita tentu agar tercapainya tujuan pembelajaran. Namun lebih sepesifik metode bercerita memiliki tujuan untuk melatih siswa mendengarkan cerita, memahami isi cerita, bertanya dari isi cerita, menjawab soal yang bersumber dari cerita dan terakhir yaitu mampu untuk menceritakan kembali apa yang ia dengan dengan bahasa mereka sendiri.
Fungsi metode bercerita
Metode bercerita adalah sebuah metode yang dapat menarik minat siswa dalam mempelajari suatu hal. Terlebih bila cerita disampaikan secara "wah". Metode cerita juga berfungsi untuk menambah perbendaharaan kata anak usia PAUD. Dengan mendengarkan siswa akan memahami kata kata yang mereka belum pernah tau sebelumnya. Sehingga mereka akan berfikir dan menyimpan berbagai macam perbendaharaan kata baru. Dengan bercerita kembali mereka dapat memperkuat ingatan terhadap perbendaharaan kata baru.
Manfaat metode bercerita
Dengan menerapkan metode bercerita ada beberapa hal yang dapat diperoleh sebagai manfaat, diantaranya yaitu:
1) melatih daya serap atau daya tangkap anak
2) mengembangkan daya fikir anak
3) meningkatkan konsentrasi anak
4) mengembangkan daya imajinasi siswa
5) menciptakan situasi yang menyenangkan di kelas
6) meningkatkan keakraban antara guru dan siswa siswinya
7) meningkatkan perkembangan bahasa anak.
Kelebihan dan Kekurangan Metode Bercerita
Kelebihanya antara lain:
  1. Dapat menjangkau jumlah anak yang relatif lebih banyak
  2. Waktu yang disediakan dapat dimanfaatkan dengan efektif dan efisien
  3. Pengaturan kelas menjadi lebih sederhana
  4. Guru dapat menguuasai kelas dengan lebih mudah
    Secara relatif tidak banyak memerlukan biaya
Kekuranganya antara lain:
  1. Anak didik menjadi fasif,karena lebih banyak mendengarkan atau menerima penjelasan dari guru (dapat diatasi dengan membagi waktu bercerita atau memberikan kesempatan yang sama untuk anak bercerita kembali)
  2. Kurang merangsang perkembangan kreativitas dan kemampuan siswa untuk mengutarakan pendapatnya
  3. Daya serap atau daya tangkap anak didik berbeda dan masih lemah sehinggasukar memahami tujuan pokok isi cerita
  4. Cepat menumbuhkan rasa bosan terutama apabila penyajianaya tidak menarik
Isi Cerita
Pada anak usia PAUD cerita yang digunakan adalah cerita-cerita yang dapat menumbuhkan perasaan emosional, sosial, spiritual dari anak yang mendengarkannya. Isi cerita juga harus mengandung unsur unsur pengetahuan sesuai dengan perencanaan pembelajaran (tujuan belajar). cerita bertemakan petualangan, juga akan menarik untuk di simak oleh anak usia PAUD.
 

LPGTK - Tadika Puri

  
 

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar