kenapa pilot didampingi oleh kopilot

Berbagi :
Kenapa Pilot Didampingi Oleh Co-Pilot

Seperti kita ketahui, orang yang mengendarai pesawat disebut dengan Pilot. Dan seorang Pilot selalu didampingi oleh seorang Co-Pilot. Dan kita sebagai penumpang mungkin tidak tahu kenapa seorang pilot selalu didampingi oleh seorang co-pilot? Dan  apakah yang membedakan pilot dan co-pilot itu sendiri?


 Pesawat dikendarai oleh Pilot dan seorang co-pilot. Pilot sebagai pemegang andil dalam sebuah misi penerbangan dan seorang co-pilot ialah wakil dari seorang pilot. Pilot dan co-pilot sama saja pekerjaannya, hanya saja captain lah yang memegang andil. Jika salah satu diantara pilot atau co-pilot tidak ada, maka ini akan berakibat pada keselamatan penerbangan.

Zaman dahulu, sebelum pesawat sudah canggih dan modern, ada satu awak lagi. Satu awak itu bisa observer, bisa juga tekhnisi.

Tugas-tugas co-pilot ialah menemani captain dalam bertugas. Di saat captain sedang menerbangkan pesawat, co-pilot tugasnya memantau jalannya mesin dan ikut membantu captain dalam hal navigasi. Co-pilot tidak harus berpangkat dibawah pangkat captain, bisa saja co-pilot dan pilot sama-sama berpangkat empat, karena co-pilot bukanlah asisten, tetapi disebut sebagai wakil captain.

Itu adalah alasannya kenapa seorang pilot didampingi oleh seorang co-pilot. Pada saat menjalankan pesawat tentu saja seorang captain (pilot) membutuhkan bantuan untuk menerbangkan pesawat. Dan orang yang membantunya haruslah ahli dalam menjalankan suatu pesawat. Kerja sama diantara pilot dan co-pilot sangatlah penting, apabila pilot dan co-pilot tidak kompak, maka dapat membahayakan keselamatan penumpang dan mereka sendiri.

Dalam menjalankan pesawat ternyata bukan seorang pilot saja yang berperan penting, tetapi seorang co-pilot juga sangat berperan dalam membantu seorang captain (pilot) dalam hal navigasi ataupun hal lainnya yang berhubungan dalam menjalankan sebuah pesawat.info lebih lanjut klik disini.

Global Aviation Scool

  

#pilotthebest #pilotganteng #gajipilot #sukajadipilot #pengenjadipilot
#pilotishero




Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama