Manfaat Belajar Mewarnai bagi Anak

Berbagi :
1. Meningkatkan Konsentrasi
Ternyata mewarnai dapat melatih anak konsentasi, ketika anak sedang melakukan kegiatan mewarnai anak tidak mudah teralihkan dan tetap fokus. Kemampuan konsentrasi ini sangat berguna bagi anak dalam menyelesaikan tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti matematika.
2. Melatih Kemampuan Bekerjasama
Mewarnai membutuhkan kerjasama yang baik antara mata dan lengan, mulai dari cara menggenggam krayon, memilih warna, hingga menajamkan warna. Kemampuan ini sangat penting untuk anak.
3. Mengenal Garis Batas Bidang
Saat anak mewarnai, mereka tidak akan peduli dengan garis batas yang ada dihadapannya. Seiring berjalannya waktu anak akan memahami dan memperhatikan garis batas tersebut, sehingga anak akan berusaha mewarnai gambar di hadapannya tanpa keluar garis. Ini akan membantu anak saat anak mulai menulis di buku yang bergaris.
4. Mengembangkan Kemampuan Motorik
Aktifitas mewarnai dapat membantu meningkatkan kerja otot tangan pada anak. Kemampuan motorik tersebut sangat penting dalam perkembangan anak, seperti halnya mengetik, mengangkat benda.
5. Sebagai Media Berekspresi
Kegiatan mewarnai terutama mewarnai bidang kosong merupakan cara bagi si Anak untuk mengungkapkan perasaaan dirinya. Melalui gambar yang dibuatnya dapat terlihat apa yang sedang dirasakannya, apakah itu perasaan gembira atau perasaan sedih.
6. Mengenal Perbedaan Warna
Aktifitas anak mewarnai biasanya menggunakan pensil warna atau krayon dapat membantu anak mengenal warna, anak dapat membedakan warna satu dengan yang lainnya. Hal ini juga dapat mempermudah anak memadukan warna sehingga membantu anak untuk terus berkreasi.
7. Melatih Anak Menggenggam Pensil
Lewat kegiatan mewarnai yang dilakukan anak, mereka akan belajar menggenggam pensil meskipun diawali dengan menggenggam krayon, karena sering dilakukan berulang-ulang maka akan menjadi kebiasaan yang akan membantu si kecil dalam menulis saat anak duduk di bangku sekolah. Tetap semangat dan terus belajar.
bila ingin tau lebih dalam bisa kilk DISNI.

Playgroup Tk Tadika Puri

  


Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar