pilot, profesi unik anti lembur

Berbagi :

Pilot, Profesi Unik Anti Lembur




Di era saat ini, lembur kerja barangkali sudah menjadi hal yang biasa terjadi. Namun tahukah Anda ada sejumlah profesi di dunia ini yang diharamkan untuk lembur? Pilot salah satunya.

Hal mengenai pilot ini akhir-akhir ini sempat ramai dibicarakan. Gara-garanya ada oknum pilot yang meledek profesi lain di media sosial. Terlepas dari ledekan yang sudah diselesaikan secara kekeluargaan itu, ada perlunya mengetahui seluk beluk mengenai profesi pilot.

Beda dengan pengemudi pada moda transportasi lainnya, pilot terikat aturan yang lebih spesifik. Kondisi kebugaran pilot diatur dalam International Civil Aviation Organization (ICAO) Council dan diterapkan dalam International Standard and Recommended Practices atau yang biasa disebut dengan SARPs. ICAO menekankan pentingnya keadaan penerbang / pilot yang bebas dari kelelahan.
.
Namun tak hanya itu saja batasan perlindungan lembur bagi seorang pilot. Maskapai juga harus memperhatikan variabel durasi kerja si pilot dalam kurun waktu lainnya. Variabel lain itu adalah tidak boleh:

(1) Lebih dari 1.050 jam tahun kalender
(2) lebih dari 110 jam dalam bulan kalender
(3) lebih dari 30 jam dalam 7 hari yang berurutan

Ketua 1 Ikatan Pilot Indonesia Capt Rama Valerino Noya mengatakan aturan mengenai jam terbang tersebut harus ditaati setiap operator penerbangan. Seorang pilot juga harus melakukan pengukuran durasi terbang secara mandiri.

Jam tidur bukan dibatasi tapi diatur karena kita harus tahu kita sehari istirahat berapa lama, kita satu hari boleh terbang maksimal 9 jam per hari, dan di antara 1 hari ada minimum rest, diatur, jadi nggak boleh dia kelebihan waktunya. Di-schedule dalam seminggu nggak boleh lebih dari 30 jam, dalam setahun gak boleh lebih dari 1.050 jam," kata Rama dalam perbincangan, Kamis (31/8) lalu.


Minimal (istirahat) sehari 12 jam. Masing-masing perusahaan berbeda ya. Ada minimum itu mesti memulai dari dia pesawat menempel di airport ada itung itungannya, antara 12-14 jam. Jadi 12-14 jam itu jam di mana dia tak boleh diberi penugasan, kalau dia landing tak boleh sebelum dipenuhi.mau jadi pilot klik disini

Global Aviation Scool

  

#pilotthebest #pilotganteng #gajipilot #sukajadipilot #pengenjadipilot
#pilotishero

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar