5 prinsip pembelajaran di TK
prinsip-prinsip pembelajaran di TK
1. Berorientasi
pada Perkembangan Anak
pendidik perlu memberikan kegiatan yang sesuai dengan tahapan perkembangan
anak. Anak merupakan individu yang unik, maka perlu memperhatikan perbedaan
secara individual.
2. Berorientasi
pada Kebutuhan Anak
Anak pada usia dini sedang membutuhkan proses belajar untuk
mengoptimalkan semua aspek perkembangannya.berbagai jenis
kegiatan pembelajaran hendaknya dilakukan berdasarkan pada perkembangan dan
kebutuhan masing-masing anak.
3. Bermain
Sambil Belajar atau Belajar Seraya Bermain
Bermain merupakan pendekatan dalam melaksanakan pembelajaran di TK.
Kegiatan pembelajaran yang disiapkan oleh pendidik hendaknya dilakukan dalam
situasi yang menyenangkan dengan menggunakan strategi, metode, materi/bahan,
dan media yang menarik serta mudah diikuti oleh anak. Melalui bermain anak
diajak untuk bereksplorasi, menemukan dan memanfaatkan objek-objek yang dekat
dengan anak, sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi anak. Ketika bermain
anak membangun pengertian yang berkaitan dengan pengalamannya.
Lingkungan pembelajaran harus diciptakan sedemikian menarik dan
menyenangkan serta demokratis sehingga anak selalu betah dalam lingkungan
sekolah baik di dalam maupun di luar ruangan. Lingkungan fisik hendaknya
memperhatikan keamanan dan kenyamanan anak dalam bermain.Lingkungan belajar hendaknya tidak memisahkan anak dari nilai-nilai
budayanya, yaitu tidak membedakan nilai-nilai yang dipelajari di rumah dan di
sekolah ataupun di lingkungan sekitar. Pendidik harus peka terhadap
karakteristik budaya masing-masing anak.
Proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan
menyenangkan dapat dilakukan oleh anak yang disiapkan oleh pendidik melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik, menyenangkan untuk membangkitkan rasa ingin
tahu anak, memotivasi anak untuk berpikir kritis, dan menemukan hal-hal baru.
LPGTK - Tadika Puri
Daftar Isi [Tutup]
0 Komentar
Posting Komentar