Syarat menjadi pelayan hotel

Berbagi :


 



Hasil gambar untuk syarat menjadi pelayan hotel


Untuk menjadi pelayan restoran yang profesional dan handal, tidak hanya dibutuhkan kemampuan yang memadai. Masih banyak hal-hal yang harus dimiliki dan dikuasai oleh seorang pelayan, Berikut adalah kualifikasi untuk menjadi seorang pelayan.



1. Berperilaku Baik
    Seorang pelayan profesional dan berpendidikan harus memiliki perilaku yang santun serta tidak    melakukan perbuatan yang dapat mencoreng nama baiknya sendiri. Jadilah sosok pelayan yang ramah dan menyenangkan bagi para tamu, jangan lupa untuk selalu tersenyum. Ciptakan suasana yang bersahabat agar tamu pun merasa nyaman. Sesekali sisipkan lelucon ringan yang sewajarnya saja agar interaksi dengan tamu tidak begitu kaku. Dengan begitu, tamu akan merasa puas dan akan datang lagi.


2. Bertanggung Jawab
    Seorang pelayan yang bekerja pada suatu instansi harus memegang teguh tanggung jawab yang telah diberikan kepadanya. Mengerjakan pekerjaannya berdasarkan job desk sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh instansi yang ia ikuti. Melakukan pelayanan terhadap tamu secara maksimal dan jangan sampai membuat tamu merasa kecewa. Jagalah nama baik instansi dan diri sendiri.Tetap fokus dan santai dalam bekerja walaupun berada di bawah tekanan. Selalu memberi laporan tentang segala yang telah dikerjakan dan mengerjakan segala tugas dengan sebaik mungkin.



3. Kondisi Tubuh Selalu Dalam Keadaan Yang Sehat dan Bersih
    Dikarenakan pekerjaan seorang pelayan sangat berkaitan erat dengan tamu, teman sekerja dan makanan, maka seorang pelayan diwajibkan untuk selalu memastikan bahwa kondisi tubuhnya dalam keadaan yang baik. Menjaga kesehatan dapat menghindarkan tubuh dari segala macam penyakit. Menjaga kesehatan dimulai dari menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan. Karena dibalik raga yang bersih terdapat jiwa yang sehat. Apabila kondisi tubuh selalu dalam keadaan sehat dan segar, maka penampilan pun akan terlihat jauh lebih menarik serta dapat melakukan pekerjaan dengan maksimal.




4. Memiliki Pengetahuan Tentang Pelayanan
    Seorang pelayan yang baik harus mempelajari dan mendalami metode tentang melayani tamu dengan lembut dan berperilaku seperti seorang pekerja profesional. Harus memahami pula pengetahuan tentang menu yang disajikan, sehingga akan lebih mudah ketika menjelaskan pada tamu apabila tamu bertanya tentang menu.



5. Peka Terhadap Area Tamu
    Tamu bisa saja membutuhkan kehadiran seorang pelayan kapan pun selama mereka sedang makan. Seorang pelayan yang baik harus selalu "awas" dan tidak boleh lengah. Sehingga apabila tamu membutuhkan pelayan, maka pelayan pun akan dengan cepat menanggapi tamu sehingga tamu tak perlu repot-repot harus berteriak atau menghampiri langsung si pelayan. Ingat, jangan biarkan tamu terlalu lama menunggu.



6. Mampu Mengatur Waktu dan Jarak Tempuh    Untuk mengantar atau mencatat pesanan tamu tentu saja akan memakan waktu. Belum lagi jarak antara area tamu dengan area dapur cukup jauh. Oleh karena itu, seorang pelayan harus mampu mengatur waktu ketika sedang bekerja. Seperti kecepatan dalam mencatat pesanan, kegesitan ketika mengantarkan pesanan, kesigapan terhadap mengangkat peralatan makan yang sudah kotor dari meja tamu, dan lain sebagainya. Perkirakanlah waktu yang akan digunakan dalam mengerjakan segala tugas pelayanan dan perhatikan pula jarak yang akan ditempuh. Sehingga dapat melayani seluruh tamu yang ada dengan cepat dan efisien.


Berikut ini adalah standar dalam berpenampilan ketika bekerja sebagai pelayan di sebuah hotel .


  1. Memakai seragam dengan rapi dan bersih serta sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pihak hotel. Tidak kusut dan tidak ada noda yang tertoreh pada baju.
  2. Menggunakan sepatu pantofel berwarna hitam yang nyaman dan tidak licin serta harus selalu disemir.
  3. Untuk pria: Tidak boleh berambut gondrong, harus selalu mencukur kumis dan jenggot, dilarang memiliki tatto dan tindik.
  4. Untuk wanita: Bagi yang berambut panjang harus menggunakan hairnet dan atur rambutnya agar selalu rapi, poni tidak boleh melebihi alis, menggunakan perhiasan sewajarnya dan jangan menggunakan make up terlalu tebal.
  5. Tangan dan kuku jari harus selalu tampak bersih dan terpelihara dengan baik.
  6. Menggunakan parfume agar wangi.

Ayo daftarkan diri anda segera, Klik link di bawah ini  :

#perhotelan#pelayan#makanan_hotel#syarat_syarat#dunia_perhotelan

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar