Tugas dan tanggumg jawab masing- masing departemen di hotel

Berbagi :
Tugas dan tanggumg jawab masing- masing departemen di hotel














Front Office adalah salah satu departement di sebuah hotel yang berada di bagian depan merupakan pintu gerbang dari hotel itu sediri sehingga mudah diketahui dan di hubungi tamu yang secara oprasional berhubengan langsung dengan tamu.

         Food & Beverage Depertemen

Berikut ini adalah uraian tugas dan tanggungjawab setiap posisi dibagian makanan dan minuman.

 Food & Beverage Director

  • Menetapkan menu, sistem penyajian, strategi penjualan, mengarahkan pelaksanaan serta menilai keberhasilan
  • Melakukan analisa tentang pesaing
  • Menyusun anggaran FB Production kitchen, F&B service dan Stewarding
  • Merumuskan kebijaksanaan pengendalian biaya operasional
  • Menangani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung
  • Menciptakan hubungan yang harmonis dengan kolega dan pelanggan
  • Menyelenggarakan briefing di dalam departemen
  • Mengusulkan kepada atasan, tentang penyesuaian prosedur dan kebijakan di lingkungan food & beverage department jika diperlukan.
 Assistant Food & Beverage Manager

  • Melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan antar kitchen, F& B service dan stewarding
  • Menyusun rencana kerja dan menilai pelaksanaanya
  • Mengawasi jadual operasional bawahannya
  • Memonitor hasil inventaris fisik di bagian kitchen, F&B service dan stewarding
  • Memonitor pelaksanaan store room requisition
  • Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan
  • Melaksanakan kelancaran operasional berbagai kegiatan yang ada kaitan kerja dengan food & beverage department
  • Mengkoordinasikan penyiapan dan mengawasi kelancaran acara event/function
  • Menangani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung dan melaporkan kepada atasan
  • Menjalin hubungan dengan rekan dan tamu
  • Menciptakan hubungan yang harmonis dengan kolega dan pelanggan
  • Memberi arahan dan petunjuk kepada bawahan .
Restaurant dan bar manager

  • Mengkoordinasi kegiatan operasi di outlet food & beverage service
  • Mengkoordinasi persiapan dan mengawasi kelancaran penyelenggaraan function/event
  • Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
  • Menjalin dan membina hubungan dengan tamu
  • Membantu untuk membuat laporan monthly report F&B sales
  • Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan
  • Mengani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung dan melaporkan kepada atasan
  • Menangani dan memonitor suatu perubahan dan penyimpangan dalam kegiatan operasional
  • Memonitor dan mengawasi personal hygiene, grooming and sanitasi
  • Menangani dan mengawasi langsung pelayanan tamu VIP
 Head Waiter

  • Mengawasi penyimpangan penggunaan par stock
  • Memeriksa kelengkapan dan ketepatan dari “mise en place”
  • Meneliti ketepatan daily sales report
  • Mengarahkan dan mengawasi kelancaran pelayanan di restoran
  • Menangani keluhan tamu
  • Mengatur pembagian “station”
  • Memeriksa personel hygiene, grooming dan sanitasi
  • Mendampingi sous chef dalam penataan buffet
  • Menangani langsung pelayanan tamu VIP (Very important Person)
  • Mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan clear up
Assistant (Head Waiter Captain)

  • Membantu head waiter melaksanakan tugasnya
  • Melengkapi kelengkapan, ketepatan dari mise en place
  • Membuat daily sales report
  • Melengkapi penyimpanan dan penggunaan par stock
  • Mengawasi dan membantu kelancaran ketepatan pelaksanaan pelayanan penjualan dan penyajian makanan dan minuman
 Chief Bartender

  • Mengawasi penyimpanan, penggunaan bar stock
  • Melengkapi kelengkapan, ketepatan dari mise en place
  • Membuat daily sales report
  • Mengawasi kelancaran, ketepatan pelaksanaan mixing drinks, penyajian, penjualan dan pelayanan 385
  • Menyusun standard portion, standard receipt, standard beverage cost bersama dengan F&B cost control
  • Mengarahkan, mengawasi kelancaran pelayanan
  • Mengatasi keluhan tamu
  • Mengatur pembagian “station” serta mengawasi pelaksanannya
  • Memeriksa personel hygiene, grooming dan sanitasi
  • Menangani langsung pelayanan tamu VIP
 Housekeeping Departemen

Housekeeping adalah departemen yang mengatur dan bertanggung jawab terhadap peralatan, kebersihan, melaporkan kerusakan serta dekorasi terhadap segala event yang adadi hotel, agar hotel mejai lebih rapi bersih menarik , dan menyenangkan bagi penghuninya.

Departemen housekeeping tidak hanya menyiapkan kamar tamu saja tetapi bertanggung jawab keseluruhan merawat dan membersihkan semua fasilitas hotel yang bersih , rapi dan nyaman . Oleh sebeb itu , semua kegiatan housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharaan, perawatan dan kebersihan hotel secara keseluruhan dapat dipertahankan .

Bagi temen-temen yang minat kerja di hotel daftarkan diri anda,info lebih lanjut klik link disini

Cruise Line And Hotel School

  



#tugasdihotel #cruiselineandhotelschool #cruiselineindonesia #cruiselinetadikapuri #tadikapuri #sekolahkapalpesiar #tadikapuriterbaik #tadikapurithebest



Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar