5 Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Pribadi yang Mandiri

Berbagi :

1.Jangan menuruti semua keinginan anak
Walaupun Anda sangat mencitnai buah hati Anda, namun menuruti semua apa yang diinginkan anak merupakan cara yang salah dalam mendidik anak. Karena tindakan ini hanya akan membuat anak Anda menjadi seorang anak yang manja, dan dia hanya akan mengandalkan orantua tanpa mau berusaha untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Anda harus membiasakan anak Anda untuk berusaha mengerjakan setiap tugas mereka sendiri, dan berusaha untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, agar mereka bisa belajar untuk bertanggung jawab, terutama untuk dirinya sendiri.
2.Jangan terlalu banyak melarang
Namun ketakutan orangtua terhadap apa yang akan di lakukan anak kerap membuat para orangtua melarang apa yang akan di lakukan oleh anak. Namun ingat, larangan dari orangtua hanya akan membuat rasa penasaran anak untuk melakukan suatu hal membuat anak menjadi berbohong. Dan solusi yang tepat yaitu adanya bentuk komunikasi dua arah antara orangtua dengan anak guna mengingatkan anak. Anda bisa memberitahu anak Anda tentang resiko yang mungkin saja terjadi, dan mintalah anak untuk berhati-hati dalam melakukan apapun yang akan mereka kerjakan.
3.Ajar anak untuk tidak berbohong
Sebagai orangtua yang baik, jangan pernah Anda memberikan contoh kepada anak untuk berbohong. Namun Anda harus mengajari anak untuk terbuka terhadap keadaan dalam segala hal, baik hal yang menyangkut perasaan mereka, ataupun beberapa kendala yang mereka hadapi. Jangan pernah membiasakan anak untuk tertutup terkait perasaan yang mereka rasakan kepada Anda.
    4.Jangan sekali-kali menghukum dengan kekerasan fisik
    Mungkin Anda sebagai orangtua pernah merasakan kesal dan marah terhadap ulah buruk yang di lakukan oleh anak Anda, dan untuk membuatnya jera, kerap kali Anda menghukumnya dengan hukuman fisik, misalkan memukulnya. Namun hal tersebut bukanlah satu hal yang baik untuk Anda lakukan. Jika anak Anda melakukan kesalahan, sebaiknya Anda tidak menghukumnya dengan cara kekerasan, namun sebaiknya Anda memberi tahu dengan cara yang baik dan menggunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti mereka. Jika perlu, Anda bisa menerapkan sistem disiplin kepada anak.
    5.Kasih dan perhatian
      Seorang anak akan merasa nyaman dan aman ketika orangtua mereka menunjukkan bentuk kasih saying juga perhatiannya kepada mereka, apalagi ketika anak membutuhkan bentuk perhatian dan kasih saying itu. Rasa peduli yang ditunjukkan orangtua dalam segala hal bisa membantu orangtua dalam mendidik anak.
      bila ingin lebih dalam tentang ini bisa klikdisinih

      Playgroup Tk Tadika Puri

        

      Daftar Isi [Tutup]

        Lebih baru
        Lebih lama

        0 Komentar

        Posting Komentar