5 Cara untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi Anak

Berbagi :

1. Jangan pelit dengan pujian
Pada saat anak telah berhasil mengerjakan tugas yang diberikan, berikanlah pujian atas keberhasilannya. Anak-anak harus diberi pujian atas usaha kerasnya dalam menyelesaikan pekerjaan, bukan hasil pekerjaannya.
2. Permainan melatih ingatan
Permainan dalam mengingat sesuatu merupakan cara yang menyenangkan untuk melatih fokus dan konsentrasi anak. Permainan juga dapat dilakukan menggunakan media digital seperti komputer atau tablet.
3. Hindari pekerjaan yang terlalu banyak.
Anak-anak memerlukan waktu yang cukup untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai. Memberikan tugas terlalu banyak justru akan membuat anak kehilangan konsentrasi karena pikirannya melayang untuk melakukan pekerjaan lain yang lebih dia sukai.
4. Berikan ancang-ancang waktu
Berikanlah ancang-ancang waktu pada saat kita meminta anak untuk berpindah melakukan pekerjaan yang lain dari yang sedang dia kerjakan. Misalnya, sewaktu anak belajar komputer dan kita ingin menyuruhnya untuk belajar matematika, maka janganlah meminta dia untuk melakukannya seketika. Katakanlah misalnya dalam waktu sepuluh menit dia harus mematikan komputernya dan mulai belajar matematika.
5. Berikan nutrisi yang baik dan istirahat yang cukup
Asupan nutrisi yang baik dan istirahat yang cukup adalah faktor yang sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi anak. Berikanlah makanan yang cukup mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh serta berikan waktu tidur yang cukup.
bila ingin tau lebih dalam tentang ini bisa klik disini.

Playgroup Tk Tadika Puri

  


Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar