5 Lagu Anak Yang Pernah Sangat Populer di Indonesia

Berbagi :



Ada banyak lagu anak yang pernah ngetop di Indonesia. Namun hanya beberapa yang bisa membuat heboh, dibicarakan masyarakat, bahkan syair dan nada lagunya masih diingat orang bertahun-tahun kemudian. Lagu anak apa saja yang pernah menghebohkan Indonesia?
1. Si Komo Lewat Jalan Tol - Melisa
Tak banyak lagu anak yang memaparkan realita kehidupan sehari-hari, terutama kemacetan yang terjadi di Jakarta. Dan ini yang dipaparkan dalam lagu Si Komo Lewat Jalan Tol. Yang berkisah tentang kemacetan yang terjadi karena si Komo lewat.
Lagu ini sempat menjadi bahan diskusi orang dewasa di masa itu, karena banyak yang menilai karakter si Komo dalam lagu ini merupakan personifikasi atau plesetan dari tokoh paling penting di Indonesia saat itu, yang jika melintas di Jakarta, selalu membuat macet. Sinyalemen ini, kelak dibantah oleh Kak Seto, tokoh yang menciptakan si Komo.
Komo adalah karakter boneka berbentuk Komodo yang awalnya muncul sebagai serial di sebuah stasiun televisi. Kepopuleran serial ini membuat si Komo tampil sebagai penyanyi
Kini, belasan tahun kemudian, lagu 'macet lagi macet lagi' yang dinyanyikan Melisa masih relevan. Jakarta masih macet. Dan akan semakin macet jika ada 'Si Komo' dan rombongannya yang lewat, hehehe
2. Susan Punya Cita-cita - Susan & Ria Enes

Komo bukan satu-satunya boneka yang menjadi penyanyi. Ada satu boneka lain yang tidak kalah populernya. yakni Susan. Boneka super cerewet, centil dan kadang suka nakal.
Boneka Susan menggemparkan Indonesia ketika dengan 'lugu' memaparkan keinginannya menjadi dokter. Atau insinyur. Atau (bahkan) presiden. Album 'Susan Punya Cita-cita' menjadi album terlaris di tahun 1993. Selain album itu, Susan dan Ria Enes juga merilis sejumlah album yang rata-rata laris manis.
Susan tadinya adalah karakter imajinatif yang diciptakan Ria ketika menjadi penyiar radio. Karakter Susan rupanya disukai pendengar dan Ria mendapat tawaran off air. Ria pun membeli sebuah boneka dan menamakannya Susan, dan menjadi 'partnernya'. Saat itu, banyak anak-anak yang percaya kalau si Susan benar-benar bisa nyanyi dan bisa bicara, hehehe.
Beberapa bulan lalu, Susan dan Ria Enes menjadi bintang tamu sebuah tayangan musik live yang berlangsung di Surabaya. Boneka Susan masih tetap centil. Suka nyeletuk. Walau, Susan ternyata belum juga menjadi dokter atau insinyur. Gak tau kenapa, hehehe

3. Bolo Bolo - Tina Toon

Penyanyi cilik Tina Toon (nama aslinya Agustina Hermanto) menghebohkan Indonesia dengan lagu Bolo-bolo karya Papa T Bob. Lirik lagu yang unik dan tingkah Tina Toon yang menggemaskan membuat lagu ini laris manis. Sesudah Bolo-Bolo, Tina Toon juga merilis sejumlah album yang juga laku. Sebagai penyanyi cilik Tina Toon berhasil menciptakan sejumlah ciri khas seperti gelengan kepala yang unik, dan juga goyang pinggul yang tak kalah dengan Inul.
Kini Tina Toon sudah dewasa. Dan cantik. Dan masih nyanyi. Belum lama ini Tina Toon menjadi berita karena tampil 'sensual artistik' di sebuah majalah pria dewasa.
Jika dulu banyak masyarakat yang gemes dan pingin mencubit pipi Tina Toon, kini banyak cowok yang gemes dan pingin....


4. Jangan marah - Trio Kwek-Kwek



Dari sederetan penyanyi solo, Trio Kwek Kwek menggebrak dengan formasi yang tidak baku: tiga orang, dua perempuan dan satu laki-laki: Dhea, Leony dan Alfandi. Setelah dua abum yang tidak terlalu sukses, Trio Kwek Kwek membuat heboh dengan lagu 'Jangan Marah'. Lagu dengan corak rock n roll ini dibawakan dengan riang dan centil khas kanak-kanak.
Setelah 'Jangan Marah', Trio Kwek Kwek merilis sejumlah album yang menahbiskan ketiga anak ini sebagai penyanyi cilik terpopuler di masanya. Setelah bertahun-tahun malang melintang, Trio Kwek Kwek akhirnya dikalahkan oleh sesuatu yang menjadi momok para penyanyi cilik: usia.
Kini, personil Trio Kwek Kwek sudah dewasa. Dhea masih nyanyi, dan sudah menikah. Leony sempat menjadi bintang sinetron. Sementara Alfandi kelihatannya sudah mundur dari dunia hiburan.


Belasan tahun telah berlalu, namun masyarakat Indonesia tak akan melupakan aksi tiga anak yang menyanyikan: "Kutakut mamaku marah, kutakut papaku marah..."

5. Air - Joshua
Lagu Air (yang juga dikenal dengan lagu 'Obok-obok) merupakan contoh bagaimana lirik lagu yang sederhana bisa menjadi fenomena jika ditunjang oleh nada yang pas dan dibawakan dengan pas. Joshua, yang sebelumnya sudah dikenal sebagai penyanyi dengan lagu 'Cuit cuit' menjadi superstar gara-gara aksinya mengobok-obok air.
Setelah populer sebagai penyanyi cilik, Joshua kemudian membintangi sinetron serial, main film layar lebar dan laris sebagai bintang iklan.
Saat ini, Joshua masih eksis sekalipun tak setenar masa kecilnya. Dia masih nyanyi, sempat menjadi pemeran pendamping film layar lebar, jadi presenter dan bintang iklan, sekalipun kini namanya tak setenar Tukul, yang mendampinginya di lagu Air.
Sekalipun sudah menanjak dewasa, masyarakat Indonesia masih mengingat Joshua kecil yang imut, yang suka mengobok-obok air hingga ikan yang kecil-kecil pada mabok....

Playgroup Tk Tadika Puri

  



Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar