5 Hal yang Perlu Dimiliki Anak Sejak 5 Tahun

Berbagi :
5 Hal yang Perlu Dimiliki Anak Sejak 5 Tahun

       Anak-anak tidak pernah terlalu muda untuk belajar sopan santun. Justru mereka perlu dicontohkan orangtua sejak usia dini, agar tata krama menjadi nilai yang lekat dengan dirinya ketika dewasa.
Perilaku yang baik merupakan bentuk perhiasan tak wujud pada anak. Layaknya sifat perhiasan, ia memperindah siapa pun yang mengenakannya, termasuk anak-anak.
Berikut ini praktik tata krama sederhana yang sudah perlu diajarkan pada anak sejak ia berumur lima tahun.

1. Mengatakan tolong dan terima kasih
Tolong dan terima kasih bisa diajarkan pada anak sebelum ia bisa berbicara. Caranya Anda perlu mencontohkan dengan bersikap yang sama pada anak dan pasangan. Misalnya, ketika Anda meminta anak mencium, dan ia melakukannya, ucapkan terima kasih.

2. Cara menutup mulut saat bersin atau batuk
Liur yang memancar dari hidung dan mulut anak bersifat kotor. Guru di PAUD menghargai anak-anak yang sudah punya kebiasaan ini.

3. Bilang maaf dengan tulus
Kata maaf tidak ada artinya jika mereka terpaksa mengatakannya pada orang tua yang marah. Empati jelas merupakan keterampilan hidup.
4. Bagaimana mengatakan permisi
Dapat dipahami kadang anak belum memiliki kesabaran, misalnya ketika melintas di antara orang tua. Tapi tetap saja, mereka perlu belajar kapan dirinya akan ditoleransi ketika mengganggu orang. Dan permisi itu harus dikatakan secara lembut.
5. Bagaimana bisa membantu dan menjadi penyayang
Membukakan pintu untuk nenek yang datang bertamu, membawakan barang belanjaan yang ringan, menyayangi keluarga dan teman sebayanya adalah contoh sopan santun yang bisa dilakukan anak.


LPGTK - Tadika Puri

  

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar