5 Karakter Yang Harus Dimiliki Guru PAUD

Berbagi :
5 Karakter Yang Harus Dimiliki Guru  PAUD 


Pendidik PAUD sejati harus mampu menyatu dengan dunia anak. Ia tidak menciptakan jarak antara pendidik dan murid. Sehingga ia bisa berbagi ilmu kapan saja dan di mana saja. 

  1. Pintar membawa diri
Pendidik anak usia dini harus pintar membawa diri. Ia memiliki karakter yang baik, sopan, dan ramah. Dengan karakternya yang baik, ia akan menjadi orang yang patut menjadi teladan, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Ia selalu siap menularkan segala kualitas diri yang ia miliki kepada anak didiknya dengan hati yang tulus.
  1. Persiapan mengajar adalah hal yang penting
Ia selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi anak-anak didiknya. Sehingga saat dia mendapatkan kesempatan mengajar, ia akan melakukan persiapan dengan baik. Ia tidak ingin kesempatan mengajarnya menjadi sia-sia, karena ia selalu ingin anak-anak didiknya mendapatkan ilmu yang sebanyak-banyaknya. 
  1. Panjang Sabar
Ia berpikir bahwa anak-anak akan belajar dari kesalahannya. Sehingga saat anak-anak berbuat kesalahan, di situlah ia harus bisa mengarahkannya agar anak-anak didiknya tidak melakukan kesalahan yang sama. Ia tidak menyimpan dendam atau marah pada anak-anak didiknya, karena ia tahu bahwa anak-anak usia dini adalah usia pembentukan karakter yang paling efektif. 
  1. Gemar berkreasi
Ia tidak ingin anak-anak didiknya merasa bosan di sekolah. Ia ingin anak-anak didiknya bisa belajar dengan suasana kelas yang menyenangkan. Dengan segala talentanya, ia akan menciptakan sesuatu yang baru dalam hal metode pembelajaran. Bakat seni sang guru biasanya akan meningkat seiring dengan banyaknya jam terbang ia mengajar. Sehingga mengajar bukan lagi sesuatu kewajiban, namun sebagai sarana belajar untuk menjadi manusia yang semakin kreatif.
  1. Memiliki sifat mengayomi
Ia harus memiliki sifat yang menjaga dan melindungi. Dia cerdas dalam mengarahkan anak-anak didiknya, sehingga suasana kelas bisa terkelola dengan baik. Ia pandai dalam menciptakan suasana kelas yang nyaman sebagai tempat belajar dan aman sebagai tempat bermain anak. Ia bahkan mampu tampil sebagai orang tua saat anak-anak didiknya berada di sekolah.



LPGTK - Tadika Puri


  

    Daftar Isi [Tutup]

      Lebih baru
      Lebih lama

      0 Komentar

      Posting Komentar