Fakta Tentang Tugas Pilot dan Co-Pilot

Berbagi :

Fakta Tentang Tugas Pilot dan Co-Pilot




PILOT            
              Pilot adalah sebutan untuk orang yang mengemudikan pesawat terbang. Sebagai sebuah profesi yang menuntut keahlian/skill dalam mengemudikan sebuah pesawat, seorang pilot harus menempuh ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan. Jika dinyatakan lulus dalam ujian, seorang pilot akan mendapat sertifikasi terbang, yaitu suatu surat pengakuan kemampuan sang pilot untuk menerbangkan pesawat dengan tipe/ukuran tertentu.
Dalam penerbangan pilot ini di dalam kokpit ia punya ide untuk menyelamatkan penumpangnya adalah:
1.harus ada ko-pilot
2.harus mempunyai idea sendiri-sendiri
Dalam tugasnya di dalam kokpit pesawat, pilot dibantu oleh seorang ko-pilot. Selama penerbangan berlangsung semenjak take off hingga landing, pilot dan ko-pilot akan mengikuti jalur-jalur penerbangan yang telah terprogram melalui bantuan navigasi pesawat dan mengikuti informasi yang diberikan oleh menara kontrol lalu-lintas bandar udara.
Di dalam sebuah penerbangan komersial, pilot dan ko-pilot bertugas mengemudikan pesawat sementara pramugari dan pramugara bertugas untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang dalam penerbangan. Pilot, ko-pilot, dan pramugari/pramugara adalah awak pesawat.

CO-PILOT (FO)  
            Co Pilot adalah orang yang membantu pilot dalam menerbangkan pesawat. Syarat-syarat sebagai co pilot hampir sama dengan pilot antara lain adalah tidak boleh takut ketinggian, mengikuti latihan di sekolah penerbangan pesawat dan sebagainya. Pada saat pilot tidak dapat menerbangkan peswat dalam suatu penerbangan yang sedang berlangsung karena suatu dan lain hal, co pilot menggantikan perannya untuk melanjutkan penerbangan. Co Pilot disebut juga sebagai First Officer (FO)
Pembicaraan yang dilakukan pilot, ko-pilot dengan petugas menara kontrol lalu-lintas dari dan ke sebuah bandar udara akan dirakam oleh kotak hitam.

KENAPA PILOT PERLUKAN CO-PILOT (FO) ?
              Tugas-tugas co-pilot ialah menemani captain dalam bertugas. Di saat captain sedang menerbangkan pesawat, co-pilot tugasnya memantau jalannya mesin dan ikut membantu captain dalam hal navigasi. Co-pilot tidak harus berpangkat dibawah pangkat captain, boleh  saja co-pilot dan pilot sama-sama berpangkat empat, karena co-pilot bukanlah pembantu , tetapi disebut sebagai wakil captain.
                Itu adalah alasannya kenapa seorang pilot didampingi oleh seorang co-pilot. Pada saat menjalankan pesawat tentu saja seorang captain (pilot) membutuhkan bantuan untuk menerbangkan pesawat. Dan orang yang membantunya haruslah ahli dalam menjalankan suatu pesawat. Kerja sama diantara pilot dan co-pilot sangatlah penting, apabila pilot dan co-pilot tidak kompak, maka dapat membahayakan keselamatan penumpang dan mereka sendiri.
Dalam menjalankan pesawat ternyata bukan seorang pilot saja yang berperanan penting, tetapi seorang co-pilot juga sangat berperanan dalam membantu seorang captain (pilot) dalam hal navigasi ataupun hal lainnya yang berhubungan dalam menjalankan sebuah pesawat.mauu jadi pilot klik disini.

Global Aviation School

  

#pilotthebest #pilotganteng #gajipilot #sukajadipilot #pengenjadipilot
#pilotishero

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar