Pengertian frront office

Berbagi :
Pengertian frront office













 Front office berasal dari bahasa inggris Front yang berarti depan, dan Office  berarti kantor,jadi front office adalah kantor depan. Dalam konteks pengertian hotel, kantor depan merupakan sebuah departemen di hotel yang letaknya di bagian depan. Tepatnya tidak begitu jauh dari pintu depan hotel atau lobby area ini merupakan tempat yang paling sibuk di hotel. Dengan lokasi dibagian depan maka front office termasuk departemen yang paling mudah di cari dan di lihat oleh tamu.

Fungsi front office

Kantor depan hotel memiliki fungsi-fungsi penting dalam penyelenggaraan hotel secara menyeluruh fungsi tersebut meliputi

1.Menjual kamar ( reservasi, check–in dan check out )
2.Menangani informasi menangani produk atau pelayanan dan informasi umum di luar
3.Mengkoordinasi pelayanan tamu ( koordinator dari departement lain di hotel)
4.Melaporkan status kamar ( status kamar dapat di up date secara manual / komputerize.
5.Mencatat pembayaran tamu (guest bill / guest folio/ guest account) 
6.Menyelesaikan pembayaran tamu ( pada saat check out ) 
7.Menyusun riwayat kunjungan tamu (untuk tujuan peningkatan pelayanan) 
8.Menangani telepon, pesan, faksimili dan email 
9.Menangani barang tamu dan barang– barang bawaannya. 

Peranan pront office

Departemen kantor depan mengemban misi yang sangat vital bagi keberhasilan bisnis hotel sebab produk yang menjadi pendapatan utama (main revenue atau income) hotel adalah kamar  sedangkan pendapatan terbesar kedua adalah dari makanan dan minuman ( food & beverage) .

Peranan kantor depan bagi hotel antara lain :
1.Kesan pertama dan sekaligus kesan terakhir bagi tamu yang menginap di hotel.
2.Sebagai pusat sarafnya hotel
3.Sebagai pusat komunikasi
4.Menjaga hubungan dengan tamu dan departemen lain di hotel
5.Urat nadi utama sebuah hotel 
6.Jantungnya hotel 
7.Pusat koordinasi pelayanan hotel 
8.Konter informasi bagi tamu 
9.Sumber informasi potensial bagi penjualan dan pemasaran hotel.

Peranan kantor depan yang demikian penting menyebabkan departemen tersebut diberi sebutan yang menggambarkan pusat dimana semua departemaen lain tergantung padanya,tanpa kantor depan aktivitas hotel menjadi terganggu.

Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua, info lebih lanjut klik link disini 

Cruise Line And Hotel School

  



#pengertianprontoffice #cruiselineandhotelschool #cruiselineindonesia #cruiseelinetadikapuri #tadikapuriterbaik #cruiselineterbaik #sekolahkapalpesiar #sekolahkapalpesiarterbaik 


Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar