Pilot harus memiliki wawasan luas dari berbagai bidang studi

Berbagi :
Pilot harus memiliki wawasan luas dari berbagai bidang studi

1. Menguasai Teori Penerbangan
Berbagai teori dasar fisika akan mendukung aktivitas pilot selama penerbangan. Konsep-konsep fisika seperti hukum gerak, inersia, massa, tekanan, suhu, dan lain-lain harus dipahami pilot. Selain itu prinsip aerodinamika, hydroplaning, kinerja dan sistem operasi pesawat juga perlu diketahui pilot.

2. Menguasai Sistem Pesawat
Dengan memahami konsep-konsep fisika maka pilot akan mengetahui kinerja mesin pesawat. Pilot juga harus mengetahui tentang perawatan pesawat sehingga tahu apa yang harus dilakukan bila mengalami kendala selama mengoperasikan pesawat. Ini yang wajib dikuasai setelah lulus sekolah penerbangan.

3. Paham Navigasi
Seorang pilot harus mengerti menggunakan grafik dan peta. Pemahaman grafik sangat penting agar pilot mengetahui keadaan cuaca yang dihadapi selama penerbangan. Ini sudah seharusnya diketahui para pilot untuk menghindari kecelakaan. Pada saat menempuh sekolah penerbangan, para calon pilot pun akan diajarkan tentang hal ini. Lalu kenapa hal ini wajib diketahui dimana saat ini pesawat terbang memiliki peralatan canggih ?
Jawabannya bisa juga berupa pertanyaan. Bagaimana jika segala instrumen dan peralatan pada pesawat terbang tersebut gagal berfungsi normal ? Oleh karena itu, para pilot wajib paham tentang navigasi.
4. Memiliki Pengetahuan Meteorologi
Ilmu Fisika memang tidak terpisahkan dari dunia penerbangan. Pilot harus memiliki kemampuan menafsirkan cuaca dan melakukan validasi cuaca. Ia juga mampu membuat analisis akurat tentang perubahan cuaca yang dapat mempengaruhi keselamatan penerbangan.

5. Mengetahui Peraturan dan Lalu Lintas Udara
Seorang pilot harus patuh dengan segala peraturan penerbangan. Jumlah peraturan tersebut bisa mencapai ratusan dan para pilot harus mampu membaca dan memahami semua peraturan tersebut. Federal Aviation Administration (FAA) membuat sebagian besar peraturan tersebut, tapi pilot juga harus mematuhi berbagai peraturan dari badan pemerintah di mana mereka beroperasi.

6. Pilot Juga Memiliki Wawasan Fisiologi
Pilot setidaknya dapat mengenali masalah fisik yang dapat mempengaruhi dirinya atau seluruh penumpang. Seorang pilot tidak harus lulusan kedokteran tapi tahu apa yang harus dilakukan bila terjadi kejadian yang dapat mempengaruhi keselamatan penumpang dan penerbangan.kalau ingin jadi pilot dengan syarat gampang, klik disini.

Global Aviation School

  

#pilotterbaik #pilotthebest #pilotishero #pilotganteng #pilotcantik




                    

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar