Sifat dan Karakter yang Harus Dimiliki oleh Karyawan Hotel

Berbagi :









Hotel merupakan salah satu unit bisnis yang 24 jam melakukan kegiatan operasional. Selain itu intensitas kerja yang cepat dan dinamis menuntut karyawannya untuk dapat menyesuaikan diri. Berikut ini merupakan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh karyawan perhotelan guna mendukung kinerjanya.
  • Kejujuran

Kejujuran merupakan sifat mendasar yang wajib dimiliki karyawan perhotelan. Karena kejujuran itu merupakan awal dari sebuah kepercayaan dan kepercayaan akan gugur apabila karyawan yang dipercayai itu melakukan sebuah kebohongan. Disisi lain, seorang karyawan yang jujur bisa menambah tamu hotel merasa aman dan  nyaman.
  • Profesionalisme

Di dalam melakukan pekerjaan, seorang karyawan dituntut selalu profesional. Profesional secara penampilan maupun secara teknik pekerjaan guna menunjang kegiatan operasional hotel.
  • Kedisiplinan

Kedisiplinan ini mencakupi kedisiplinan kerja sesuai Prosedur, kedisiplinan dalam kehadiran, dan kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib hotel/house rule yang ditetapkan oleh hotel.
  • Keterbukaan

Keterbukaan ini adalah karyawan secara terbuka mau untuk menerima kritikan dan masukan, selain itu keterbukaan ini akan mempermudah manajer atau atasan di dalam mencari solusi atas permasalahan yang sedang di hadapi oleh karyawan.
Sebagai contoh, apabila karyawan masih belum mampu mengerjakan sesuatu, maka sebaiknya karyawan secara terbuka bicara dengan manajer atau atasannya bahwa dia masih belum mampu sehingga atasan atau manajer pun akan mengajari karyawan tersebut sampai bisa. Hanya saja, agar seorang karyawan ini mau bersikap terbuka terhadap pimpinannya, seorang pimpinan juga harus memiliki rasa asih, asah, dan asuh sehingga si karyawan tersebut merasa tenang ketika dia terbuka terhadap pimpinannya
  • Kemauan untuk belajar hal-hal yang baru

Sifat mau untuk belajar hal-hal yang baru ini akan menambah pengetahuan karyawan tersebut, selain itu berguna untuk mengurangi stress pada karyawan akibat pekerjaan yang terlalu monotone setiap hari.Dampak positifnya,karyawan menjadi serba bisa sehingga memudahkan manajer atau atasan didalam melakukan rolling jabatan atau pertukaran pekerjaan.
  • Ramah, Santun, Sopan dan mudah senyum

Berhubung hotel merupakan salah satu bentuk pelayanan publik, jadi wajib hukumnya karyawan memiliki sifat ramah, santun, sopan dan mudah senyum. Bisa dibayangkan apabila seorang frontline hotel galak dan jutek? pasti tamu akan berpikir ulang untuk menginap di hotel tersebut.
  • Menekan Ego Sentris

Setiap karyawan pasti memiliki ego masing-masing, akan tetapi agar sejalan dengan tujuan perusahaan maka dibutuhkan kerja sama tim yang solid. Sehingga untuk mencapai sebuah kesepekatan atau keputusan haruslah menghilangkan ego masing-masing. Apabila ego yang berkembang maka tidak akan tercapai kerjasama yang solid. Begitu juga dengan sifat ke-AKUan juga harus dikurangi. Seperti pepatah tak perlu mengaum agar harimau menjadi ditakuti oleh pemangsa, karena Kerja di hotel itu merupakan team work atau kerja sama tim dan bukan one man show.
Itulah beberapa sifat yang harus dibentuk dan dimiliki oleh karyawan perhotelan karena perhotelan itu merupakan salah satu bentuk pelayanan keramah tamahan.

Cruise Line And Hotel School

  




Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar