5 Cara Melatih anak Cepat Bicara Dengan Lancar Sampai Bisa

Berbagi :
1.Mendongengkan cerita
    
    Cara melatih anak cepat bicara juga bisa dengan menceritakan dogeng. Seperti dogeng tentang legenda, kisah-kisah nabi dan sahabatnya, kisah fabel (tentang hewan) dan sebagainya. Oiya, saat membacakan dongeng, sebaiknya jangan terlalu cepat. Bacakan dengan perlahan dan disertai ekspresi untuk menarik perhatian bayi. Apabila Bunda memiliki boneka, Bunda bisa menggunakannya untuk bercerita seolah-olah boneka tersebutlah pemerannya. Metode ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan bayi berbicara. Terlebih lagi dipraktekkan setiap hari. 
2.Pahami ekspresi dan bahasa tubuh anak
Terkadang seorang anak belum mampu berbicara dengan benar. Ia mungkin hanya bisa menangis, merengek, tertawa, dan kadang bermain bahasa tubuh untuk mengungkapkan keinginannya. Nah, sebagai orang tua, Bunda harus telaten memahami apa yang ingin diucapkan anak. Pahami ekspresinya. Lalu cobalah menjawabnya dengan ucapan. Misalnya anak menunjuk-nunjuk minta boneka yang dipajang di meja. Maka katakan, “mau boneka nak? Boneka?” Ulangi kata-kata boneka, sehingga anak mengerti bahwa benda itu berwarna boneka.
3.Tanggapi setiap ucapannya


Selain memahami ekspresi anak, Bunda juga perlu menanggapi setiap perkataannya. Walaupun itu hanya sebuah ocehan yang kurang jelas, tetap berusahalah sebisa mungkin mendengarkan dan menanggapi. Lakukan kontak mata untuk menunjukkan keseriusan. Dengan begitu, anak akan merasa dianggap. Minta anak mengucapkan kata tersebut berulang. Kemudian Bunda ucapkan sekali lagi agar anak lebih paham. Misalnya anak berkata, “minta cucu.” Ulangi lagi dengan berkata, “Susu? Minta susu, nak?”. Lakukan dengan sabar dan penuh kasih sayang ya.
4.Sering-seringlah mengajak anak berbicara5.Menyanyikan lagu khusus anak
Agar bayi tidak bosan dan jenuh, sesekali ajari anak berbicara dengan metode yang menyenangkan. Misalnya lewat lagu. Namun demikian Bunda juga harus selektif dalam memilih lagu. Usahakan mendengarkan lagu-lagu yang liriknya mudah didengar. Dan kalau bisa lagu yang mengandung unsur edukasi, baik ilmu pengetahuan umum ataupun agama. Bunda bisa menyanyikan lagu saat mengendong anak, saat bersantai atau di malam hari sebelum tidur. Selain menyanyikan lagu sendiri, bisapula dengan memutar musik datau video di ponsel. Ajak bayi ikut bernyanyi serambi ibu menari. Dijamin bayi akan antusias dan lama-kelamaan pasti ia memahami makna dari lagu tersebut.
5.Berikan contoh mengucapkan kata secara perlahan
Cara melatih anak berbicara selanjutnya yakni dengan memberikan contoh yang benar dan perlahan. Misalnya Bunda mengajari anak mengucapkan kata “tidur”. Maka ucapkan kata tersebut tanpa tergesa-gesa. Gerakan bibir dengan perlahan dan berulang di depan anak. “Ti-dur”. “Ayo ti-dur”. Kemudian sambil peragakan gaya tidur. Bunda bisa mendeskripsikan dengan cara meletakkan telapak tangan di atas kepala serambi memejamkan mata. Dengan demikian, anak akan mengerti maksud dari kata “tidur”. Tindakan ini bisa mengurangi kebiasaan anak berbicara cadel. 
kalo ingin lebih dalam tentang ini bisa klik DISINI.

Playgroup Tk Tadika Puri

  

#sekolahmaju
 #sekolahanak #tkjakartaselatan #tkjakarta #tkterbaik #tkunggulanjakarta #tkunggulanjakarta #tamankanakkanak #playgrouptk #tktadikapuri #sekolahanak #playgrouptadikapuri #sekolahtk 

    Daftar Isi [Tutup]

      Lebih baru
      Lebih lama

      0 Komentar

      Posting Komentar