5 Macam Buah untuk Bayi 9 Bulan yang Mengandung Banyak Gizi

Berbagi :

5 Macam Buah untuk Bayi 9 Bulan yang Mengandung Banyak Gizi

Setelah bayi memasuki usia 9 bulan, bayi sudah bisa diperkenalkan pada tekstur makanan yang lebih keras seperti buah-buahan. Buah untuk bayi 9 bulan sangat baik untuk tumbuh kembang sang buah hati.

Pemberian buah untuk bayi 9 bulan juga harus secara beragam dan jangan terlalu sering. Karena mencegah agar bayi tidak bosan dan juga bisa menutupi kekurangan vitamin yang terdapat dalam satu buah.
Berikut Buah-buahan yang baik untuk bayi 9 bulan:

1. Pepaya


Pepaya adalah salah satu buah tropis yang berbentuk lonjong. Buah ini kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C dan vitamin E. Serat yang terkandung dalam pepaya sangat baik untuk pencernaan bayi dan sering digunakan untuk membantu bayi yang mengalami sembelit
Saran penyajian pepaya yang baik untuk bayi 9 bulan adalah dengan di keruk menggunakan sendok. Siapkan buah pepaya yang telah matang, cuci bersih, kupas kulit buah, kemudian keruk bagian daging dalam buah pepaya.
Selain dikeruk, buah pepaya juga bisa disajikan untuk bayi dengan cara dipotong dadu. Sesuaikan ukuran potongan dengan mulut dan genggaman si buah hati.

2. Pisang


Pisang sangat baik dijadikan pemberian makan buah untuk bayi 9 bulan. Selain pisang memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna oleh bayi, pisang juga memiliki zat yang sangat baik untuk bayi 9 bulan.
Contoh zat yang terkandung dalam pisang adalah: Kalium, kalsium, vitamin, magnesium, selenium dan zat mineral penting lainnya. Zat-zat ini sangat baik untuk tumbuh kembang bayi 9 bulan
Jenis pisang yang baik untuk bayi 9 bulan adalah pisang susu, pisang kepok, pisang ambon, pisang mas, dan pisang nangka. Jangan memberikan pisang yang banyak bijinya atau nama lainnya pisang klutuk.

3. Pir


Pir termasuk salah satu buah untuk bayi 9 bulan. Selain tingkat keasaman yang rendah, pir mengandung zat penting untuk bayi. Contohnya: Vitamin A, vitamin B, Vitamin C, Kalsium, dan lainnya. Pir juga rendah kandungan sodium dan tidak mengandung lemak jahat.
Saran penyajian buah pir yang baik untuk bayi 9 bulan adalah dipotong-potong kecil. Jangan lupa untuk mencuci dan mengupas kulitnya terlebih dahulu.

4. Jeruk


Jeruk adalah buah untuk bayi 9 bulan yang baik, selain buah ini sudah terkenal kaya akan vitamin C-nya.  Jeruk juga bisa membantu menjaga kekebalan tubuh bayi 9 bulan dan juga untuk membantu menangkal radikal bebas.
Jangan lupa untuk memilih jeruk yang tidak terlalu asam, sebaiknya yang manis-manis saja. Karena perut bayi masih belum kuat untuk makan-makanan yang asam.
Saran penyajian buah jeruk yang baik untuk bayi 9 bulan adalah diambil sarinya. Caranya cuci bersih buah jeruk, kupas kulit jeruk, peras buahnya kemudian disaring. Air perasan jeruk yang sudah di saring bisa diberikan pada si buah hati.

5. Apel


Apel juga buah yang banyak mengandung zat penting untuk bayi 9 bulan, seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin A dan vitamin C. Vitamin A yang terkandung di apel cukup tinggi, sehingga baik untuk penglihatan si buah hati.
Saran penyajian bauh apel cukup rumit. Cuci bersih buah apel, kupas kulitnya, lalu potong kecil-kecil. Kemudian potongan tersebut masukkan kedalam panci, tambahkan air sampai potongan buah apel terendam. Tunggu hingga lunak lalu angkat. setelah potongan cukup lunak bisa langsung diblender hingga lembut.
Jenis apel yang baik untuk bayi 9 bulan adalah yang tidak terlalu asam, seperti jenis apel Manalagi dari Malang yang terkenal dengan manisnya.
Demikian artkel ini untuk info lebih lanjut bisa klik disini

#makanansehat#minumansehat#gizisehat#pertumbuhananak#perkembangananak


Playgroup Tk Tadika Puri

  

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar