Tahap Awal Proses Belajar Anak

"Mengamati" Sebagai Tahap Awal Proses Belajar Anak



Si kecil mulai kritis bertanya ini itu, Mam? Mengetahui banyak hal baru sangatlah mengasyikkan untuknya. Tidak heran, jika dia akan banyak bertanya tentang proses terjadinya hujan, dari mana air pantai berasal, kenapa kucing  hanya bisa berbicara 'meong' dan lain sebagainya. Hujan pertanyaan dari si kecil memang sangat melelahkan, tapi Mam harus menjawabnya dengan benar. Karena, si kecil akan langsung menerimanya sebagai bentuk informasi dan pengetahuan.
 
Dalam proses belajarnya, ada beberapa tahap yang harus ibu ketahui. Hal ini penting, agar para ibu dapat membantu si kecil dalam proses belajarnya. Indera pertama yang akan bekerja adalah mata. Dari melihat suatu hal, si kecil mulai mengamati. Misalnya saja cara menggambar matahari. Pertama, dia melihat si kakak membentuk sebuah bola lalu memberikan warna kuning serta garis di luar lingkaran sebagai gambaran dari sinar matahari.
 
Dari melihat momen itulah si kecil melakukan proses berpikir dan mencernanya dalam otak. Terakhir, dia akan menirukannya sebagai action. Saat menirukan, dia akan kembali mengingat proses pembuatan matahari tadi yang telah disimpannya dalam otak. Walaupun belum sama persis dengan gambar si kakak, namun si kecil sudah menciptakan bentuk mataharinya sendiri.
 
Proses pengamatan inilah yang dilakukan si kecil dalam mempelajari sekaligus menirukan aktivitas yang dilihatnya. Kemampuan kognitif melalui indera penglihatan dan pendengaran mulai beralih ke kemampuan psikomotorik. Nah, untuk mendukung kemampuan pengamatan pada si kecil ini, Mam bisa memberikan dukungan berupa mengenalkannya pada hal baru.
 
Saat sedang berkebun di halaman, ajak si kecil untuk ikut bermain dan membantu. Alam selalu menjadi tempat untuk mengamati yang terbaik. Sedikit kotor tidaklah masalah, karena alam adalah media belajar yang menyenangkan.  Melihat Mam yang sedang sibuk menggali tanah, memberi pupuk dan menyiram tanaman pasti membuatnya penasaran. Akhirnya dia akan ikut melakukan hal yang sama.
 
Mengamati dan menirukan adalah dua hal yang pandai dilakukan si kecil dalam tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, untuk mendukung aksi pintardan akal pintar
nya bantu dia untuk mengenal hal baru dan membuatnya makin penasaran dan kritis dalam berbagai hal. Yuk, dukung proses mengamati si kecil, Mam atau mam bisa mendaftarkannya di sekolah kami.untuk info lebih lanjut klik disini                                                                                                                                                       #perkembangan#proses#belajar                                                                                                                                                    



Previous
Next Post »
Thanks for your comment