tempat pilot tidur

Berbagi :
dimana pilot tidur saat ada di pesawat
                          
                                     

Bentuk dan luas ruang tidur untuk pilot berbeda-beda, tergantung jenis pesawat. Namun umumnya, ruang tidur pilot menyerupai kelas bisnis.

Kembali ke pilot, untuk diketahui, maksimal jam terbang seorang pilot dalam sehari adalah sembilan jam. Ini berlaku untuk penerbangan standar yang menggunakan dua orang pilot.


Dalam penerbangan jarak jauh, juga dikenal istilah 
enlarge crew atau awak kokpit tambahan. Dengan sistem tiga pilot, jam terbang maksimal masing-masing pilot adalah 12 jam.

"Untuk penerbangan jarak jauh, di luar mengenai istirahat, harus ada enlarge crew agar maximum hours tak terlewati," kata Rama.

Pilot senior Capt Marthinus Kayadu menambahkan seorang pilot juga diperbolehkan istirahat meski bukan dalam penerbangan jarak jauh. Waktu istirahatnya tentu saja tidak lama.

"Istirahat boleh. Satu orang 10 menit boleh. Itu pun sudah cukup untuk membangkitkan kembali," kata Marthinus.

Istirahat itu diperlukan agar, ketika pesawat landing, pilot dan kopilot sama-sama dalam kondisi segar dan bugar. Namun Marthinus menggarisbawahi, istirahat itu hanya boleh dilakukan secara bergantian.

"Katakanlah kita terbang dari Jakarta ke Tokyo 8 jam, nanti untuk mendarat kita butuh konsentrasi yang tinggi, selama 8 jam itu kita atur rest kita, gantian sama kopilot, nggak boleh tidur keduanya. Tujuannya pas nanti mendarat atau dalam keadaan abnormal, kita sudah ready," ujar Marthinus, yang juga menjabat Direktur Operasi Garuda Indonesia.info lebih lanjut klik disini


Global Aviation Scool

  

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama