[Tanpa judul]

Berbagi :

5 Cara Agar Balita Tidak Mudah Sakit


Saat si kecil sakit biasanya orang tua menjadi panik dan sedih karena melihat anaknya terkulai lemas tak berdaya. Itu pula yang dirasakan beberapa orang tua yang datang pada saya mengeluhkan kenapa anaknya mudah sakit padahal udah dikasih vitamin ini dan itu namun tetap saja buah hatinya seringkali sakit mulai demam, batuk, pilek, diare dll. Sejatinya memang wajar bayi dan anak-anak mudah sakit jika dibandingkan orang dewasa, anak-anak memang lebih rentan terhadap penyakit karena sistem imunnya belum terbentuk dengan sempurna. Anak paling rentan sakit biasanya pada usia balita dan kurang dari satu tahun. Banyak faktor yang menyebabkan si kecil sakit, namun penyebab terbesar adalah adanya infeksi Virus itulah sebabnya saya jarang memberikan antibitok ketika mendapat pasien balita. Selain sistem imun yg masih belum sempurna, biasanya anak-anak selalu dibawa orang tua kemana-mana, sementara diluaran rumah juga banyak kuman penyakit bertebaran. Anak-anak dan bayi juga senang memasukkan apa saja ke dalam mulutnya. Sementara orang tua jg tidak bisa selalu mengawasi ketat selama 24 jam setiap harinya. Untuk itulah perlunya peran serta orang tua untuk mengajari anak hidup sehat sejak dini supaya ke depan anak tumbuh sehat dan pintar. Berikut saya coba berikan beberapa tips yang mungkin bisa dicoba dalam rangka untuk mengurangi resiko anak tertular penyakit:

1. Berikan ASI Eksklusif Bayi baru lahir hingga 6 bulan kehidupannya di dunia sebaiknya hanya diberikan ASI full karena pemberian ASI saja sudah cukup untuk memenuhi Gizi bayi sekaligus pembentukan sistem imun tubuh juga akan menjadi lebih baik.

 2. Jaga Kebersihan Perlengkapan bayi untuk menghindari penularan penyakit cuci bersihlah perlengkapan makan, minum dan pakaian bayi dengan baik dan benar agar terbebas dari kuman dan penyakit.

 3. Ajari Untuk Gemar Makan Buah dan Sayuran Saya sering menemui pasien anak yang sudah makan buah dan sayuran karena tidak dikenalkan sejak dini pada jenis makanan ini. Padahal dengan menyukai buah dan sayuran tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit karena kandungan antioksidan tinggi pada buah dan sayuran.

 4. Berikan Madu Bagi bayi yang sudah berusia diatas 2 tahun orang tua bisa memberikan madu secara rutin. Seperti kita tahu madu memiliki kandungan anti virus, anti kuman dan kemampuan meningkatkan kekebalan tubuh c=secara alami.

 5. Imunisasi Ditenganh pro dan kontra tentang manfaat pemberian imunisasi dengan munculnya berbagai gerakan anti imunisasi. Menurut saya pribadi itu menjadi Hak orang tua sepenuhnya, namun saya sendiri meyakini jika imunisasi memberikan manfaat yang sangat besar terbukti dengan beberapa kejadian ledakan wabah penyakit tertentu pada suatu daerah karena tidak adanya kesadaran utk imunisasi. 


Demikian artikel ini untuk info lebih lanjut bisa klik disini

#pertumbuhananak#perkembangananak#anaksehat

Playgroup Tk Tadika Puri

  

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar