6 Cara Mendidik Anak yang Baik dengan Mengenalkan Pentingnya Membuat Resolusi Tahun Baru


1. Jadikan Rutinitas Keluarga
Cara mendidik anak yang baik untuk mengajarkan pentingnya resolusi tahun baru adalah menjadikannya sebagai tradisi tahunan keluarga. Duduklah bersama dan lihat kembali apa yang sudah dicapai tahun ini. Diskusikan juga tentang prestasi maupun hambatan yang didapat selama ini. Dr Benjamin Siegel, professor pediatrics dan seorang psychiatry di Boston University School of Medicine, menyarankan setiap anggota keluarga untuk menyebutkan hal-hal yang diinginkan dan juga hal-hal yang ingin diubah, untuk membuatmu dan keluarga merasa lebih baik.

2.  Pendekatan Positif

Mulailah dengan mendekati si kecil dengan bersikap positif. Ibu bisa memuji akan hal apa yang telah ia capai selama satu tahun ini. Dengan begitu, si kecil pun akan senang atas pujian yang Ibu berikan. Selanjutnya, Ibu dapat mengarahkan si kecil untuk membuat resolusi tahun baru yang sederhana, seperti menjadi anak yang lebih baik, rajin, disiplin dan sebagainya. 

3.  Jangan Mendiktenya

Mendikte si kecil untuk resolusinya sama saja layaknya memberi perintah. Ibu cukup berikan saran tentang hal apa yang harus ia tingkatkan atau tujuan apa yang ingin ia raih. Jangan terkesan memaksakan anak harus begini dan begitu.

4.  Catat dan Pajang

Resolusi tahun baru yang hanya diucapkan saja biasanya mudah terlupakan. Sebaiknya Ibu tulis dalam sebuah buku catatan atau papan yang bisa dipajang dan dilihat oleh si kecil. Cara ini dapat memberikan semangat dan motivasi, serta mengingatkan akan hal-hal yang ingin dicapai di tahun ini.

5. Perlahan Tapi Pasti

Menjalani resolusi tahun baru bagi si kecil tentunya membutuhkan waktu dan proses. Yang penting adalah ia sudah memiliki sesuatu tujuan yang harus ia raih. Menjalankan resolusi sedikit demi sedikit nantinya bisa membentuk sebuah kebiasaan baik untuk si Kecil.

6.  Jadilah Panutan

Orangtua sangat berpengaruh dalam pembentukan dan perkembangan karakter anak. Cara Ibu bersikap secara langsung akan berdampak pada pikiran si kecil. Maka dari itu, selalu berhati-hati dan bijak dalam melakukan hal apapun, agar si kecil selalu mengikuti kebiasaan Anda dalam melakukan hal-hal baik.

bila ingin lebih dalam tentang ini bisa klik disinih

Playgroup Tk Tadika Puri

  


Previous
Next Post »
Thanks for your comment