Wawww!!!8 Karakter Guru yang Disukai Anak Didik

Berbagi :


Ada 8 karakter Guru yang Disukai Anak Didik

1. Sabar
Kesabaran merupakan suatu kondisi seseorang dapat mengendalikan emosinya ketika dihadapi suatu kondisi tertentu. Misalnya seorang guru sering menghadapi tingkah laku anak didik, terkadang tingkah laku tersebut tidak menyenangkan, sulit diatur, membuat gaduh suasana kelas sehingga berpengaruh terhadap proses belajar mengajar. Di sinilah tantangan guru untuk tetap bersabar menghadapi berbagai perilaku anak didiknya.


2. Penuh kasih sayang
Ketika berada di lingkungan sekolah, guru merupakan orang tua bagi anak didiknya. Anak usia dini, relatif masih sangat muda membutuhkan kasih sayang penuh dari orang tuanya. Oleh karena itu, peran guru sebagai orang tua di sekolah harus mampu memberikan kasih sayang tulus kepada semua anak didiknya.

3. Penuh perhatian
Seorang guru yang baik memiliki sifat penuh perhatian kepada anak didiknya. Guru harus peka melihat segala sesuatu perubahan yang terjadi pada anak didiknya. Misalnya, ketika seorang anak yang biasanya ceria dan semangat belajar di kelas, suatu waktu anak tersebut menjadi sensitif, mudah menangis dan tidak semangat belajar. Guru yang penuh perhatian tentunya akan mengetahui perubahan tersebut dan mencari tahu penyebabnya serta membantu mencari solusi permasalahan yang dihadapi anak.



4. Ramah
Guru hendaknya selalu menunjukkan perilaku yang menyenangkan bagi orang lain. Ketika masuk ke dalam kelas, berikan senyuman kepada seisi kelas, jangan bermuka masam, cemberut dan berkesan galak. Sapa anak didik dengan ramah dan ucapkan salam kepada mereka dan buatlah anak didik merasa nyaman dengan kehadiran guru di dekat mereka.
5. Toleransi terhadap anak
Toleransi merupakan suatu perilaku guru tidak memaksakan kehendak pada anak dan mau mengerti apa yang sedang dihadapi anak.

 6. Penuh kehangatan
Guru yang memiliki sifat penuh kehangatan ditandai dengan kemampuan menciptakan suasana yang menyenangkan, bebas dari rasa takut dan cemas. Suasana seperti ini dapat diciptakan guru dalam kondisi dan waktu apapun. Anak tidak takut dengan guru yang penuh kehangatan, bahkan anak merasa aman dan selalu ingin dekat dengan gurunya.

7. Adil
Adil merupakan satu sifat lain yang perlu dimiliki guru sebagai pendidik. Guru yang adil adalah guru yang tidak membeda-bedakan anak, semua anak diperlakukan sama terutama dalam hal perhatian dan kasih sayang.

8.  Pemaaf
Sikap pemaaf adalah rasa memaklumi atas perbuatan atau kemampuan yang dimiliki anak. Seorang guru tidak boleh memiliki rasa dendam dan kesal pada anak , guru yang pendendam akan memperlakukan anak dengan perilaku yang tidak menyenangkan, misalnya dengan sering mengancam anak, padahal dengan sikap pemaaf atas perbuatan anak dapat menumbuhkan sikap untuk menerima anak apa adanya.

info lebih lanjut klik link disini

LPGTK - Tadika Puri

  


#lembagapendidikangurutk
#tadikapuri
#gurutkindonesia
#tadikapurithebest
#sekolahgurutkterbaik
#gurutktadikapuri
#Lpgtktadikapuri


Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama

    0 Komentar

    Posting Komentar